nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Guru Matematika Beberkan Sifat Rahasia Kim Jon-un!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 13:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 12 196 1909625 mantan-guru-matematika-beberkan-sifat-rahasia-kim-jon-un-k2vuJ8fbi9.jpg kim jong un

PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong-Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu di Singapura. Pertemuan mereka mencatat sejarah dengan tujuan perdamaian dunia.

Sosok Kim Jong-Un yang sangat misterius tentunya menjadi teka-teki bagi banyak orang. Bahkan, sang istri yang ikut di pertemuan hari ini saja sebelumnya diketahui adalah saudara Kim. Sebegitu tertutupnya pribadi Kim dan keluarganya.

Tapi, mantan guru olahraga, matematika, dan bahasa Jerman Kim di sebuah sekolah di Swiss baru-baru ini membocorkan sifat Kim yang paling dia rahasiakan dari siapa pun.

Baca juga: Gaya Tampilan Istri Kim Jong-Un yang Sederhana Tapi Super Elegan

Adalah Michel Riesen. Menurut keterangannya pada NBC News, dia menjelaskan bahwa Kim sangat suka dengan humor. "Cobalah untuk menemukan rasa humor dia," kata Riesen yang mengajar Kim di tahun 1998.

 Kim Jong Un

Riesen melanjutkan, Kim yang saat bersekolah dulu dia panggil "Un Pak" itu memang sangat suka dengan candaan dan humor. Menurut Riesen, dia juga cukup lucu untuk seorang diktator yang sangat terkenal dari Korea Utara. "Dia juga pandai melucu. Kami pernah saling tertawa," tambah Riesen.

 Baca juga: Sebelum Bertemu Trump, Kim Jong-un Sempat Bergerilya Wisata Malam Singapura

Beberapa dari Anda mungkin terkejut mengetahui fakta ini. Pasalnya, Kim sangat terkenal dengan kediktatorannya yang super power. Sifatnya yang keras dan berbahaya yang lebih sering terekspos. Tapi, ini lah fakta yang sesungguhnya!

Lebih lanjut, mungkin Anda juga sudah tahu bahwa Kim yang sangat mencintai brand Supreme ini juga suka bermain basket! Bahkan, Kim sering mengenakan kaus NBA dan sepatu Nike Air Max dengan harga selangit.

"Dia selalu terlihat seperti seorang profesional dalam pakaian NBA-nya," kata Riesen.

 Kim Jong-un

Riesen menambahkan, dirinya pernah berkata pada Kim. "Hei, Anda terlihat seperti seorang profesional, tetapi masih ada cara untuk bermain seperti seorang profesional," katanya bercanda.

Semasa sekolah dulu, Riesen menjelaskan bahwa sosok Kim tidak memiliki banyak teman dekat, karena dia tidak berbicara bahasa lokal dengan baik. Namun, berdasar pengakuan Riesen, Kim adalah murid yang baik dan dia termasuk murid dengan pengetahuan bahasa Inggris, serta nilai-nilai dan demokrasi Barat yang juga baik.

Di lain kisah, dia akhirnya sangat dipengaruhi oleh ayahnya yang "kejam", Kim Jong Il, menurut sepupu jauh Kim.

"Ayahnya lah yang paling memengaruhinya," kata Kang Myung-do, seorang pembelot dan anggota keluarga Kim, kepada NBC. “Dia melihat ketaatan mutlak, berlutut di depan ayahnya. Sekarang Kim Jong Un memaksa semua pejabat melakukan hal yang sama,” tambahnya.

Riesen mengatakan sulit untuk percaya bahwa pria yang sekarang menjalankan rezim brutal di Korea Utara adalah sama dengan anak “ramah dan lemah lembut” yang dia ajar di Swiss. "Itu tidak terbayangkan," katanya kepada jaringan berita. "Tapi itu lah dia," katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini