Tips Mudik Lebaran Supaya Tidak Lelah, Stretching Itu Penting

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 09:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 196 1909708 tips-mudik-lebaran-supaya-tidak-lelah-stretching-itu-penting-Ca9835AbJY.jpg Ilustrasi Mudik. (Foto: ANT)

MENJELANG Lebaran umat Muslim di Indonesia biasanya kaan melakukan perjalanan jauh untuk pulang ke kampung halaman alias mudik. Namun, perjalanan mudik itu tidak mudah, banyaknya volume kendaraan yang bertolak ke luar Jakarta, maupun kota-kota besar lainnya, membuat kemacetan yang cukup panjang.

Para pemudik pun harus menaiki kendaraan berjam-jam yang belum tentu nyaman untuk bergerak. Padahal, duduk berjam-jam di dalam kendaraan bisa sebabkan sejumlah risiko merugikan. Akibatnya, Anda mudah stres, emosi tidak terkontrol, risih, bingung, lelah berlebihan dan sebagainya. Nah, untuk mencegah itu semua ada beberapa langkah pencegahannya yang bisa diterapkan.

Spesialis Kedokteran Olahraga dr Nur Cahyani SpKO menjelaskan, jika seseorang terbiasa duduk terlalu lama di kendaraan dampak paling fatal dapat membuat tubuh tidak nyaman. Jangan dibiarkan terus-menerus karena bisa mengganggu kondisi kesehatan.

Baca Juga: Peneliti Temukan Bagian dari Sperma yang Memengaruhi Kualitas dan Kesuburan


Karena itu, dr Nur mengingatkan supaya Anda melakukan lima langkah pencegahan kejadian nyeri punggung atau kram otot di beberapa bagian tubuh. Diulas Okezone, berikut ulasannya lebih lanjut yang bisa ditiru ya!

 

Istirahat cukup

Baik penumpang atau pengemudi wajib istirahat cukup di perjalanan. Lamanya posisi di jalan raya membuat Anda cepat lelah. Paling tidak, ketika duduk berlama-lama di kursi berdiri sejenak untuk meregangkan otot. Agar tak bertambah parah, coba manfaatkan menepi di tempat istirahat yang nyaman.

Stretching

Setelah mencari tempat berhenti yang nyaman, saatnya lakukan stretching! Ya salah satu trik peregangan ini bisa mencegahnya terjadinya sakit punggung, kram, lutut, bokong dan leher. Anda wajib melakukan supaya tetap nyaman di perjalanan hingga sampai ke kampung halaman.

Baca Juga: Libur Lebaran, Kota Padang Upayakan Seluruh Kawasan Wisata Bebas Pungli

PT Pelni Sediakan Kapal Gratis untuk Pemudik Motor

Pasang alarm

Paling tidak Anda melakukan peregangan otot setiap dua jam sekali dengan menggunakan alarm. Gerakannya pun utuh dengan hitungan 1-8 kali, ulangi sampai terasa nyaman. Supaya ingat, Anda harus memasang alarm dan buat catatan khusus supaya tidak lupa.

Minum banyak air putih

Minum air putih sangat bermanfaat untuk segala-galanya. Meski tengah di perjalanan jangan lupa minum air putih. Air putih tersebut bisa menghidrasi tubuh dan melawan tubuh cepat lelah. Anda sangat membutuhkan minum air putih supaya tidak cepat lemas.

PT Pelni Sediakan Kapal Gratis untuk Pemudik Motor

Relaksasi

Suasana jalan raya ketika mudik Lebaran pasti akan macet parah. Ini membuat kenyamanan terganggu dan ujungnya stres. Untuk mencegah, Anda bisa melakukan relaksasi sejenak. Caranya dengan mendengarkan lagu favorit, menonton film, berdzikir di jalan raya, dan mencari kegiatan lain yang menyenangkan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini