nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pusing Ditanya Kapan Nikah? Coba Jawab dengan 6 Ungkapan Ini, si Penanya Pasti Bakal Menyesal

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 196 1909819 pusing-ditanya-kapan-nikah-coba-jawab-dengan-6-ungkapan-ini-si-penanya-pasti-bakal-menyesal-75ngXm5B1c.jpg Kumpul Keluarga (Foto: The961)

BERKUMPUL menikmati waktu bersama keluarga besar sambil meminta maaf satu sama lain, adalah salah satu esensi utama dalam perayaan Lebaran.

Tapi sayangnya, kadang kenyataan tidak seindah harapan. Sebab, dalam satu keluarga besar ada saja saudara-saudara yang usil mengorek kehidupan pribadi kita dengan melontarkan pertanyaan klasik “Kapan nikah?”

Ya, pertanyaan kapan menikah adalah salah satu pertanyaan paling sering yang terdengar saat kumpul-kumpul Lebaran. Entah itu datang dari para tante, om, ataupun sepupu-sepupu. Di mana pertanyaan ini nyatanya memang jadi momok menakutkan dan menyebalkan bagi para wanita dan pria yang kebetulan belum menikah, yang berusia di umur yang dipandang sudah seharusnya menikah.

Dijawab dengan sinis tidak mungkin, diabaikan malah makin menjadi-jadi. Lalu seperti apa jawaban santai tapi tegas yang bisa dilontarkan untuk menjawab pertanyaan ‘kapan nikah’ ini? Jika bingung, berikut enam contoh jawaban yang bisa Anda coba berikan saat ditanya kapan kawin saat kumpul keluarga besar di hari Lebaran nanti.

(Baca Juga:Gaya Tampilan Istri Kim Jong-Un yang Sederhana Tapi Super Elegan)

Membalikkan pertanyaan

Membalikkan pertanyaan kembali di sini maksudnya ialah, jika sang penanya juga merupakan orang yang belum menikah atau berstatus single, lemparkan saja lagi pertanyaan serupa kepada dirinya. Katakan kapan dia menikah, sehingga Anda bisa mendapatkan ide inspirasi soal pernikahan dari pesta pernikahan dirinya.

Beberkan data 

Diberi pertanyaan “Kapan nikah?”, “Kenapa belum menikah?” oleh saudara, langsung saja beberkan data statistik yang ada. Misalnya soal besarnya dana pernikahan, ungkapkan juga soal inflasi yang ada sehingga bisa mempengaruhi tabungan saat hendak menggelar pesta pernikahan.

Bisa juga dengan menyebutkan data soal dana yang harus dikeluarkan ketika harus bercerai, atau soal bagaimana Anda membutuhkan waktu untuk menabung biaya pernikahan dan perceraian. Percayalah, orang yang bertanya biasanya akan merasa langsung menyesal telah menanyakan soal ini kepada Anda.

Sebelum bayi ini lahir

Jawab dengan jawaban ini jika Anda benar-benar dalam keadaan tidak mengandung ya! Katakan pada sang penanya, bahwa Anda sedang mempersiapkan pernikahan secepat mungkin sehingga ketika menggelar pesta pernikahan, kehamilan tidak akan terlihat. Nikmati bagaimana ekspresi kaget orang yang bertanya selama beberapa menit, sebelum memberi tahu yang sebenarnya.

(Baca Juga:Penelitian Terbaru Ungkap Air Liur Bisa Deteksi Kanker Prostat)

Setelah semua orang berhenti bertanya

Tidak mau basa-basi atau mencoba menajwab dengan bumbu humor? Langsung berikan jawaban straight to the point, “Setelah semua orang berhenti bertanya,” sembari menegaskan bahwa selama semua orang masih sibuk bertanya maka Anda akan tidak mengetahui dengan jelas untuk alasan apa sebenarnya menikah itu, jelaskan Anda ingin menikah karena cinta bukan karena tekanan yang ada.

I said no 

Jika punya pacar, maka sebelum memberikan jawaban ini, pastikan dulu pasangan sudah mengetahui rencana Anda ini sebelumnya. Jawaban “Saya menolak lamarannya” sejatinya akan bisa membuat orang-orang yang bertanya menjadi kaget dan terdiam lalu segera pergi dari tempat karena bingung mau memberikan respon seperti apa.

Setelah ‘Anda’punya anak 

Disebutkan, biasanya yang paling parah dalam urusan pertanyaan kapan menikah ini adalah wanita yang sudah menikah. Nah ini adalah saatnya Anda untuk sedikit memojokkan mereka, saat ditanya kapan menikah, langsung beri jawaban santai namun tegas dengan jawaban “Saya akan menikah setelah kamu punya anak,”. Dengan jawaban seperti ini, secara tiba-tiba percakapan berbalik akan jadi soal “mereka” orang yang bertanya dan alasan mengapa mereka belum juga memiliki anak karena biasanya mereka akan sibuk mencoba menjelaskan atau mengalihkan pembicaraan. Demikian seperti disitat Allwomenstalk.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini