nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan! 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Menggunakan Alat Pemanggang

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 11:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 298 1909571 perhatikan-5-kesalahan-ini-sering-dilakukan-saat-menggunakan-alat-pemanggang-GG6yOE6UPx.jpg Alat pemanggang (Foto: Foxnews)

MEMANGGANG merupakan teknik memasak yang cukup sering dijadikan pilihan untuk mengolah bahan makanan. Terlebih beberapa ahli mengklaim bila teknik tersebut lebih baik dibanding dengan menggoreng. Akan tetapi, terkadang masih ada saja orang yang melakukan kesalahan saat memanggang makanan.

Melansir Fox News, Selasa (12/6/2018), inilah kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan panggangan :

 (Baca Juga: Bocah 11 Tahun Ini Sudah Jadi Motivator Handal Dunia, Pengalamannya Jangan Diragukan Lagi!)

Berasumsi panggangan tetap siap digunakan

Beberapa orang mungkin hanya menggunakan panggangan di saat-saat tertentu. Contohnya saat mengadakan acara pesta barbeque atau malam Tahun Baru. Lantaran jarang digunakan, banyak yang menganggap panggangan dalam kondisi baik-baik saja sehingga tetap bisa berfungsi dengan baik. Padahal mengecek panggangan sebelum digunakan adalah hal wajib. Bisa saja ada sisa makanan yang tertinggal atau kerusakan yang mungkin menyebabkan kebakaran.

Tidak memeriksa selang panggangan

Panggangan memang ada yang berbentuk seperti kompor, menggunakan selang dan gas. Anda tentu sudah sering mendengar untuk memeriksa selang pada kompor agar tidak terjadi kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran. Sama halnya dengan kompor, selang pada panggangan juga harus dicek. Sebab apabila selang ternyata sudah dalam kondisi tidak layak, maka bisa terjadi hal berbahaya seperti kebakaran.

Tidak memeriksa tangki bahan bakar

Tak hanya gas, pada panggangan tertentu ada yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Sebisa mungkin periksa kelayakan tangki propana sebelum digunakan. Idealnya tangki diganti 5-10 tahun sekali.

 

Menggunakan sikat lama untuk membersihkan panggangan

Salah satu cara untuk membersihkan panggangan adalah menggosoknya dengan sikat. Akan tetapi, tidak bisa sembarang sikat yang digunakan. Hindari penggunaan sikat yang sudah lama karena dapat merusak panggangan. Bahkan yang lebih parah memaparkan bakteri di sikat.

 (Baca Juga: Perawat Anjing Selebriti Ini Hasilkan Rp83 Juta Per Minggu, Katy Perry Jadi Pelanggan Setia!)

Menggunakan panggangan yang kurang panas

Idealnya sebuah panggangan, baik yang memakai arang maupun gas, perlu dipanaskan selama kira-kira 15 menit. Namun beberapa mungkin memiliki anggapan bila panggangan sudah cukup panas untuk digunakan. Padahal bila panggangan kurang panas dapat menyebabkan makanan menempel sehingga sulit dibersihkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini