nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik ke Jawa Timur, Yuk Icip-Icip 7 Kuliner Khas dengan Rasa Autentik

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 20:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 298 1909683 mudik-ke-jawa-timur-yuk-icip-icip-7-kuliner-khas-dengan-rasa-autentik-EwIuLJ5wKY.jpg Ilustrasi Rawon. (Panduanwisatakuliner)

BANYAK masyarakat pulang ke daerah Jawa Timur kala mudik. Nah, mumpung pulang kampung, jangan lupa cicipi aneka hidangan makanan khasnya sebagai pengobat rindu yang Anda hadapi.

Siapa sih yang tidak tahu soto ayam, rawon, lontong kupang, tahu tek, tahu campur, lontong kikil, pecel sayur dan masih banyak kuliner mantap lainnya dari Jawa Timur ini ya. Hmm.. yummy banget! Rasa autentik dari bumbunya tak bisa terkalahkan dengan hidangan makanan lainnya di lokasi perantauan.

Kalau mudik ke sana, jangan lupa cicipi 7 hidangan khas Jawa Timur yang ngangenin. Simak ulasannya berikut ini dirangkum Okezone lebih lanjut.

Baca Juga: Pacarmu Ancam Bunuh Diri Jika Putus, Depresi Sungguhan atau Hanya Ababil?

Rawon

 

(Foto: Royco)

Apa itu masakan rawon? Ya, sajian semangkuk rawon terdiri dari nasi putih, potongan daging, irisan daun bawang, taburan bawang goreng dan tauge pendek menggugah selera. Lalu, disiram dengan kuah hangat berwarna hitam menggoda. Rasa gurih dan sedikit pahitnya tak bisa ditandingkan dengan makanan lain. Selain beli di warung makan, rawon juga bisa dimasak sendiri di rumah dengan ibu tercinta.

Tahu Tek 

Hampir semua wilayah di Jawa Timur tersedia bumbu petis yang menjadi ciri khasnya. Anda bisa membeli tahu tek dengan bumbu autentik. Sajian sepiring lontong, irisan tahu goreng, tauge, irisan kentang goreng lalu disiram bumbu kacang tambah petis. Aromanya sudah sedap sekali saat tersaji di piring makan. Supaya tambah lahap, makan tahu tek ditambah kerupuk yang jos gandos banget!

Soto koya

(Foto:Haloborneo)

Di Surabaya dan sekitarnya pasti banyak warung soto ayam atau soto daging yang mantap. Ciri khasnya ialah soto ayam di sana disajikan dengan taburan koya gurih. Inilah yang bikin nafsu makan meningkat, serta kuah kuning sotonya yang kental. Makannya pakai nasi dan tambahan kerupuk udang yang gurih sedap.

Lontong kupang

(Foto: maktiendailyfood/Instagram)

Di daerah Sidoarjo belum lengkap kesana kalau tidak makan lontong kupang. Yap, hidangan ini tidak ditemui di lokasi lainnya selain Jawa Timur. Hidangan ini terdiri dari irisan lontong, kupang, yang dibumbui dengan sambal petis. Lalu disiram kuah gurih manis yang bikin tambah lapar. Sebagai pelengkapnya ada lento dan kerupuk. Ditambah minum es kelapa sebagai penawarnya. Kenyang banget!

Lontong kikil

(Foto: Indotours)

Kikil sapi yang diolah seperti sop ini juga menggugah selera makan malam Anda selama di Jawa Timur. Hidangan ini belakangan cukup langka dicari, biasanya ditemui di pasar tradisional saat malam hari. Lontong kikil disajikan dengan kuah kuning gurih yang dikucuri perasan jeruk nipis dan bawang daun. Dijamin rasanya sedap dan jadi obat kangen saat balik ke kota perantauan.

Pecel Madiun

(Foto:Goodindonesiafood)

Mudik ke Madiun sangat sayang bila Anda tidak makan kuliner pecelnya. Panganan legendaris ini pasti diburu pemudik saat pulang kampung. Hidangan pecel disajikan dengan lalap sayuran rebus, disiram bumbu pecel, lalu dilengkapi dengan serundeng, tauge pendek, kemangi dan peyek. Makan satu porsi dijamin kurang, karenanya Anda pasti nambah. Untuk lauknya bisa makan pakai telur dadar, tempe goreng, jeroan daging dan banyak pilihan lainnya.

Tahu campur

(Foto: Coriandergrlic)

Bukan Jawa Timur namanya kalau tidak punya olahan kuliner enak yang sedap sekali. Tahu campur juga jadi salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan. Bumbunya nikmat karena disajikan khusus dengan sambal petis. Biasanya tahu campur dijual oleh pedagang kaki lima di malam hari. Anda pasti punya warung langganan untuk melepas rindu makan sajian ini yang bikin lidah bergoyang.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini