nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paduan Menu Western, Korea, dan Melayu, Sajian Makan Siang Pertemuan Kim Jong-Un dan Donald Trump

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 16:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 298 1909717 paduan-menu-western-korea-dan-melayu-sajian-makan-siang-pertemuan-kim-jong-un-dan-donald-trump-ZI9n5lqdFJ.jpeg Pertemuan Kim Jong Un dan Trumph (Foto: News.Au)

Tepat hari ini, Selasa 12 Juni 2018, dua sosok pemimpin yakni Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat dan Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara tengah mengadakan pertemuan di Singapura.

Pertemuan bersifat bilateral yang bisa dibilang jadi salah satu momen bersejarah antara keduanya ini, sontak menarik perhatian dari banyak orang di berbagai penjuru dunia.

Tidak hanya soal topik kepentingan apakah yang dibahas oleh Donald Trump dan Kim Jong Un sebagai pemimpin, namun menyangkut juga soal tetek-bengek pertemuan bilateral ini di dalamnya. Salah satunya ialah menu sajian makan siang yang disantap oleh keduanya di sebuah resort di Sentosa Island, Singapura.

Nah,sebetulnya menu-menu makanan seperti apakah yang disantap oleh keduanya tersebut? Ternyata, menu makan siang yang dihidangkan untuk Donald Trump-Kim Jong Un dalam pertemuan ini, diketahui lebih lanjut adalah perpaduan antara menu Western, Melayu dan juga Korea, yang secara konsep seperti hidangan bertema nuansa era 1950'an.

Untuk menu makanan pembuka, atau starters baik Donald ataupun Kim Jong Un disebutkan menyantap hidangan bernama green mango kerabu (hidangan nasi ala Melayu terkenal) yang disajikan dengan dressing madu dan air perasan lemon dan gurita segar.

Tidak hanya itu, tersaji pula makanan khas Korea yakni Oiseon yaitu mentimun isi dan menu tradisional cocktail udang yang disajikan bersama salad alpukat. Sementara untuk makanan utama, Mr Trump dan Mr Kim dapat memilih sajian hidangan daging dalam bentuk beef short rib confit served disantap dengan kengang dauphinoise, brokoli kukus dan saus anggur merah di sisi pinggir.

Selain daging sapi, ada juga hidangan daging babi yaitu sajian sweet and sour crispy pork dengan nasi goreng ala Yangzhou yang berisi udang, kacang polong, dan telur lengkap dengan saus sambal ala rumahan. Melengkapi sajian makanan utama, terdapat pula Korean Daegu Jorum, yakni ikan cod yang direbus bersama kedelai bersama lobak dan sayur-sayuran khas Asia.

Menyempurnakan set sajian menu makan siang, terakhir ada makanan penutup yakni es krim rasa vanila dengan ceri dari Haagen-Dazs dan dark chocolate tartlet ganache. Menariknya disebutkan lebih lanjut, es krim dari Haagen-Dazs yang mana merupakan merek alias brand besar internasional satu-satunya yang terdapat dalam menu. Tidak hanya es krim ataupun ganache, dihidangkan pula dessert klasik khas Prancis, Tropezienne, yang dibuat pada tahun 1955, brioche dengan krim kocok dan gula crispy pearl. Demikian seperti diwarta News, Selasa (12/6/2018).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini