nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Ini Selalu Dinikmati Mulan Jameela saat Hari Raya Idul Fitri

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 298 1909815 makanan-ini-selalu-dinikmati-mulan-jameela-saat-hari-raya-idul-fitri-7FiC027zZH.jpg Mulan Jameela (Foto: Instagram/Mulanjameela1)

MOMEN berkumpul bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri memang jadi momen yang paling dinantikan oleh semua umat Muslim, setelah satu bulan selesai menjalani ibadah di bulan Ramadan.

Dalam momen kumpul keluarga saat Lebaran, apalagi yang menambah semarak suasana kalau bukan hidangan-hidangan khas yang hanya hadir satu tahun sekali di saat Lebaran saja. Ketupat, opor ayam, rendang, sambal ati, dan belum lagi ditambah dengan kehadiran aneka kue-kue kering.

Walau notabene biasanya hidangan khas Lebaran ini tidak jauh-jauh dari yang namanya ketupat sayur dengan sambal ati ataupun rendang. Namun, pada dasarnya setiap keluarga biasanya memiliki hidangan Lebaran khas masing-masing yang berbeda satu sama lain.

(Baca Juga:Penelitian Terbaru Ungkap Air Liur Bisa Deteksi Kanker Prostat)

Contohnya keluarga dari penyanyi Mulan Jameela, lahir dari keluarga berdarah Sunda, Mulan mengungkapkan bahwa keluarga besarnya di Bandung memiliki hidangan khusus khas Lebaran. Apakah hidangan khas Lebaran ala keluarga Mulan Jameela tersebut?

“Makanan Lebaran itu ya kita bikin ketupat, lontong sayur, ikan, empal daging sapi, ada rendang kentang, sambal goreng ati, dan soun. Nah itu semua disatuin itulah namanya bolendrang. Itu tuh khas Sunda, ya tapi enggak semua orang Sunda sih kayaknya per daerah saja gitu. Kalau kayak aku, Bandung lalu sekitaran Tasik dan Garut itu ya itu tradisinya sajian Bolendrang harus ada. Langsung di hari pertama, biasanya di sore nya itu kita makan, enggak perlu nunggu hari kedua Lebaran,” papar Mulan saat ditemui Okezone di kawasan Jakarta Pusat belum lama ini.

Ditambahkan Mulan, sebetulnya sajian bolendrang tersebut bisa saja dihadirkan tidak perlu menunggu hari Lebaran. Tapi menurutnya, cita rasa yang dihadirkan tentunya akan berbeda.

“Bolendrang itu pas saat Lebaran saja, hari biasa sih sebetulnya bisa tapi kan pas Lebaran itu ya beda saja rasanya,” tambahnya.

(Baca Juga:Gaya Tampilan Istri Kim Jong-Un yang Sederhana Tapi Super Elegan)

Untuk persiapan memasak bolendrang tersebut, mengingat menu yang dihadirkan cukup banyak ragamnya dan porsi yang dihidangkan cukup besar. Walau begitu, istri musisi Ahmad Dhani ini mengaku dirinya tidak mengaku repot dibuatnya.

“Ribet atau enggak nyiapinnya, enggak sih ya. Ya setahun sekali juga. Kebetulan keluarga aku kan senang masak ya semuanya. Jadi kumpul keluarga gitu bagi-bagi tugas, yang ini masak menu yang ini, yang satu lagi siapin menu yang lain, jadi walaupun menunya banyak jadi enggak merasa ribet,” tutup Mulan sembari tersenyum.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini