nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Mudik Bareng Keluarga dan Komunitas Naik KA Wisata, Simak Harga dan Fasilitasnya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 10:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 406 1909828 tren-mudik-bareng-keluarga-dan-komunitas-naik-ka-wisata-simak-harga-dan-fasilitasnya-zqjd9jdkzo.jpg Kereta Wisata. (Foto: ANT)

ADA semacam tren baru mudik Lebaran sejak beberapa tahun terakhir, yakni menumpang Kereta Api (KA) Wisata yang ditawarkan PT Kereta Api Pariwisata, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Tidak cuma menyewa satu gerbong, tetapi juga naik kereta api kelas priority.

Direktur Operasi dan Administrasi KA Pariwisata, Sunarjo mengatakan, penjualan pola perjalanan perorangan (Free Independent Traveller) kembali dilakukan setelah pertama kali diluncurkan pada 2017 serta melanjutkan pola sewa. Permintaan pun melonjak dibandingkan pada musim mudik 2017.

Pola FIT sebanyak 306 perjalanan dengan total penumpang 8.736 orang sudah ludes terjual sejak dibuka pada H-90. Sementara untuk pola sewa jumlah perjalanan menurun dari 38 menjadi 22 kali dengan jumlah penumpang mencapai 444 orang.

Baca Juga: Libur Lebaran, Ini yang Perlu Diketahui Tentang Wisata Ramah Anak

(Foto: Indorailtour)

“Musim Lebaran ini lebih banyak keluarga untuk pola charter (sewa). Biasanya teman-teman satu alumni, satu kampung, atau satu daerah. Mayoritas pesanan melayani rute menuju Yogyakarta,” tukas Sunarjo kepada awak media dalam konferensi pers Senin, 4 Juni 2018 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Ia menerangkan, PT KA Pariwisata mengerahkan delapan unit kereta wisata dengan kapasitas bervariasi antara 19-22 penumpang. Gerbong-gerbong itu nantinya akan dipasangkan dengan rute kereta api reguler yang melayani rute sesuai pesanan selama masa mudik, yakni 5-26 Juni.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi sesuai dengan jarak tempuh. Rute terpendek sesuai pesanan, Gambir-Purwokerto, dilepas dengan harga Rp26,5 juta; Gambir-Yogyakarta dengan harga Rp27 juta; Gambir-Surabaya dibanderol Rp32 juta; dan Gambir-Malang dihargai Rp33 juta.

Baca Juga: Pacarmu Ancam Bunuh Diri Jika Putus, Depresi Sungguhan atau Hanya Ababil?

(Foto:Destination)

Armada yang dikerahkan adalah Kereta Wisata Jawa yang berkapasitas 20 kursi dengan fasilitas berupa karaoke, restorasi, tempat tidur, mini bar, dan toilet; Kereta Wisata Sumatera yang berkapasitas 22 kursi dengan fasilitas yang sama minus tempat tidur; Kereta Wisata Toraja dengan kapasitas 22 kursi; dan Kereta Wisata Bali dengan kapasitas 20 kursi.

Sunarjo menambahkan, KA Wisata dengan pola sewa mendapat fasilitas khusus yakni menu makanan buffet. PT KA Pariwisata mempersilakan penumpang memilih menu masakan khas Indonesia yang akan disajikan selama perjalanan dari Gambir hingga ke tempat tujuan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini