nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Tambah Cetar, Perhatikan Hal-Hal Ini saat Pilih Sepatu untuk Lebaran biar Enggak Gampang Pegal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 08:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 12 481 1909509 meski-tambah-cetar-perhatikan-hal-hal-ini-saat-pilih-sepatu-untuk-lebaran-biar-enggak-gampang-pegal-F7bx0WDtIr.jpg Ilustrasi (Foto: Stylebyalina)

APAKAH Anda termasuk orang yang memerhatikan penampilan saat lebaran? Jika iya, pesan ahli berikut ini mesti Anda baca dengan jelas.

Lebaran adalah momen yang paling dinantikan semua umat Islam. Bukan hanya kembalinya manusia menjadi suci kembali, tetapi lebaran juga dijadikan momen silaturhami dan meminta maaf pada keluarga maupun tetangga rumah.

Nah, salah satu hal yang diperhatikan adalah penampilan. Sepatu menjadi item fashion yang kadang sulit untuk ditentukan. Mau pakai sendal biasa, dianggap kurang cetar. Tapi, kalau pakai heels dianggap berlebihan.

Sebetulnya, sepatu jenis apa sih yang paling pas dikenakan saat lebaran? Khususnya jika Anda memerhatikan sudut pandang kesehatan.

Dijelaskan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik Dr. Siti Anissa Nuhonni, SpKFR (K), perlu Anda ketahui bahwa penggunaan sepatu teplek atau flat shoes itu sebetulnya tidak direkomendasikan. Terkhusus untuk mereka yang memiliki masalah persendian.

Hal ini disebabkan, sepatu jenis itu tidak membuat kaki Anda bergerak secara bebas. Kontur kaki yang sudah dibentuk sedemikian rupa dengan cekungan di bagian bawah kaki memberi ruang bebas gerak. Nah, flat shoes tidak memberi kemudahan akan hal tersebut.

"Makanya, biasanya mereka yang pakai flat shoes akan pegal dengan cepat," terang dr. Nuhonni beberapa waktu lalu.

Flat Shoes

Dia menambahkan, sebetulnya ada baiknya Anda memilih sepatu yang tetap memiliki hak atau bantalan di bagian bawahnya. Ya, setidaknya maksimal 5 cm untuk mereka yang sudah lansia. Hal ini dimaksudkan agar kaki tetap mendapatkan ruang yang sesuai dengan konstruksi dasarnya.

Masalah letih sebetulnya salah satu dari banyaknya masalah yang bisa ditimbulkan ketika kaki tidak bisa bergerak bebas. Masalah lain yang bisa Anda rasakan adalah peredaran darah yang kurang lancar yang akhirnya pada beberapa kasus membuat kaki bengkak.

Terlebih jika Anda bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Tentunya akan sangat memerlukan pergerakan yang leluasa. "Jadi, untuk lebaran nanti, saya sarankan untuk memilih sepatu yang tetap memiliki cekungan pada bagian bawahnya. jangan terlalu flat," terangnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini