nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Uang THR Lebaran Bisa Berbahaya bagi Kesehatan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 02:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 12 481 1909667 waspada-uang-thr-lebaran-bisa-berbahaya-bagi-kesehatan-1oycEzUsIE.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

TRADISI yang masih dipercaya masyarakat kita saat lebaran adalah bagi-bagi THR atau uang kepada sanak saudara. Kebiasaan ini bahkan yang paling ditunggu, bukan begitu?

Tapi, siapa sangka kalau di tradisi ini terselip bahaya yang bisa mengancam kesehatan manusia, khususnya anak-anak. Masalah ini muncul karena bakteri yang ada di uang THR tersebut.

Kita tahu bersama bahwa di uang kertas itu terselip bakteri jahat bagi kesehatan. Bakteri ini biasanya mudah menyerang anak-anak karena daya tahan tubuh mereka masih sangat lemah.

Dampak yang paling menakutkan dari paparan bakteri di uang THR itu adalah masalah diare dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Begitu juga yang dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, bahwa bakteri tersebut bisa masuk ke tubuh si anak melalui tangan. Makanya, budaya cuci tangan setelah memegang uang THR harus diberitahukan sedini mungkin.

"Saya sarankan pada semua orangtua, jika si anak menerima THR lebaran, ada baiknya dia langsung diminta untuk cuci tangan. Hal ini diharapkan bisa meminimalisir paparan bakteri yang ada di uang kertas," kata Dr. Ari, beberapa waktu lalu.

Uang Rupiah

Dr. Ari melanjutkan, Anda juga mesti sadar bahwa uang THR lebaran biasanya uang baru. Nah, biasanya, uang baru itu memiliki aroma yang sangat tajam dan biasaya bau tersebut akan menempel di tangan si anak. Jika tidak cepat-cepat dibersihkan, dikhawatirkan akan menjadi medium paparan bakteri.

(Baca Juga: Gaya Tampilan Istri Kim Jong-Un yang Sederhana Tapi Super Elegan)

Masalah muncul ketika di sekeliling si anak tidak tersedia wastafel. Tapi, dr Ari menyarankan untuk mencuci tangan si anak dengan pembersih tangan atau setidaknya tisu basah. "Intinya, si anak dilarang pegang makanan dengan tangannya langsung sebelum dia cuci tangan," tegasnya.

(Baca Juga: Fakta-Fakta Jarang Terungkap tentang Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju yang Dijuluki ''Wanita Misterius'')

Jadi, dengan tangan yang bersih, upaya pencegahan seperti ini setidaknya bisa menghalau paparan bakteri yang bisa saja ada di uang THR si anak. Anda juga mesti sadar, virus penyakit bisa masuk dan merusak tubuh manusia jika kekebalan tubuh lemah.

"Cuci tangan jadi langkah mudah untuk mencegah risiko masalah diare dan ISPA seperti ini. Saya sarankan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh si anak. Ada untungnya juga memberi THR lebaran dengan amplop lucu. Setidaknya si kecil tidak pegang uangnya langsung," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini