nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Penyebab Miss V Mengalami Alergi

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 19 Juni 2018 13:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 481 1909675 ini-5-penyebab-miss-v-mengalami-alergi-JH1mO3thb4.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ALERGI bisa terjadi di bagian tubuh mana saja termasuk alat kelamin. Pada perempuan yang mengalami alergi di Miss V tentu tahu rasanya. Kulit di area itu memang tergolong paling halus dan sensitif. Terkena zat yang salah sedikit saja langsung membuat alergi.

Reaksi alergi di Miss V atau vulva memiliki banyak penyebab seperti infeksi ragi atau bakteri, hingga infeksi menular seksual. Bila sudah begitu biasanya Miss V akan terasa gatal, mengalami iritasi, dan ketidaknyamanan lainnya. Bila Anda mengalami alergi pada Miss V, ada baiknya untuk segera menemui dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan.

Sementara itu, beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui alasan alergi bisa terjadi pada Miss V. Melansir Health, inilah 5 hal yang menyebabkan alergi:

Sperma

Ya, Miss V dapat mengalami alergi karena sperma. Kondisi ini dikenal dengan istilah hipersensitivitas plasma seminal. Miss V yang alergi sperma dapat mengalami gatal dan bengkak parah yang dapat meningkat hingga ke reaksi anafilaksis atau keadaan darurat medis yang serius saat terpapar sperma. Beruntung alergi ini bisa diatasi dengan beberapa suntikan sehingga tetap bisa melakukan hubungan seksual.

 (Baca Juga:Penelitian Terbaru Ungkap Air Liur Bisa Deteksi Kanker Prostat)

Kondom lateks

Salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan untuk berhubungan seksual adalah kondom. Alat kontrasepsi ini terbuat dari lateks yaitu cairan pohon karet yang dapat mengandung protein tertentu. Protein tersebut bisa saja bertentangan dengan sistem kekebalan tubuh sehingga menimbulkan reaksi alergi seperti gatal dan ruam. Untuk mengatasi masalah ini, carilah merek kondom lain yang memproduksi alat kontrasepsi tersebut dengan bahan berbeda seperti poliisoprene, poliuretan, dan AT-10.

 

Spermisida

Alergi kondom pada Miss V bukan hanya bisa disebabkan oleh lateks tetapi juga oleh bahan kimia yang dirancang untuk membunuh sperma yaitu spermisida. Banyak senyawa aktif yang terkandung dalam bahan kimia itu seperti benzocaine, anestesi lokal, nonoxynol-9, dan senyawa organik. Alergi karena spermisida dapat menyebababkan rasa sakit, iritasi genital, gatal, dan terbakar. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari produk tersebut.

Parfum atau deodoran

Penyebab yang satu ini mungkin terdengar cukup aneh. Namun tidak menutup kemungkinan bila ada perempuan yang menyemprotkan parfum atau memakai deodoran di sekitar Miss V untuk membuatnya tetap wangi. Perilaku ini harus benar-benar dihentikan karena dapat memengaruhi keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam Miss V yang berpotensi memicu infeksi.

Pewarna kimia

Zat pewarna kimia yang terkandung dalam produk yang digunakan sehari-hari dapat secara tidak sengaja menyebabkan alergi. Entah itu dari sabun atau tisu toilet. Maka selalu berhati-hatilah saat menggunakan produk tertentu yang bersentuhan dengan Miss V. Kalau perlu perhatikan kandungan senyawanya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini