nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Nick Jonas dan Priyanka Chopra, Ini Alasan Hubungan dengan Wanita Lebih Tua Dipandang Negatif

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 13:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 13 196 1910002 melihat-nick-jonas-dan-priyanka-chopra-ini-alasan-hubungan-dengan-wanita-lebih-tua-dipandang-negatif-LqPHlYz4Fy.jpeg Nick Jonas (Huffingston Post)

KABAR jalinan kasih antara Priyanka Chopra dan Nick Jonas memancing berbagai reaksi khususnya di media sosial. Sejumlah warganet ada yang tidak menyetujui hubungan tersebut karena menganggap Priyanka terlalu tua untuk Nick. Namun sebenarnya ini bukanlah suatu hal yang baru.

Sebelumnya sudah banyak wanita yang menjalin hubungan dengan pria yang lebih muda. Pihak wanita biasanya disebut dengan istilah cougar sedangkan pihak pria disebut berondong. Hubungan dengan kondisi ini tak jarang memancing perdebatan dan dianggap sebagai sesuatu yang negatif.

 Baca juga: Hadapi Lebaran, Ini Cara Mudik Band Pelantun Lagu Terlatih Patah Hati

Hubungan Asmara

Menurut seorang konsultan perkawinan, Sheela Mackintosh-Stewart, hubungan yang terjalin di antara wanita tua dan pria muda sering dipandang negatif oleh orang-orang yang merasa tidak nyaman dengan pergeseran peran stereotip dalam hubungan. "Wanita yang lebih tua atau cougar sering dianggap dapat mencapai keamanan dan kemandirian finansialnya sendiri. Dengan begitu mereka dianggap tidak membutuhkan peran seorang pria sama sekali, jelasnya seperti yang dikutip dari Independent, Rabu (13/6/2018).

Menurut Sheela, tak sedikit orang yang menganggap bila wanita yang menjalin hubungan dengan pria yang lebih muda hanya menjadikan pria tersebut sebagai “mainan”. Wanita juga dianggap hanya ingin menunjukkan kepada orang lain jika dirinya memiliki sesuatu yang menarik dan kekuatan dalam hubungan. Selain itu, ada pula yang mengisyaratkan bila wanita memiliki sifat predatorial.

Baca juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat

"Stigma ini benar-benar merupakan gejala salah pengertian masyarakat. Wanita lebih tua yang berkencan dengan pria lebih muda biasanya adalah wanita yang kuat dan tahu nilai-nilai hubungan. Wanita tersebut malah tidak punya waktu untuk bermain-main dalam sebuah hubungan yang terkadang sulit diterima oleh pria yang belum dewasa,” ujar ahli hubungan lainnya, Verity Hogan.

 Hubungan Wanita Lebih Tua

Di sisi lain, gagasan pria yang lebih tua yang berkencan dengan wanita yang lebih muda masih dianggap sebagai norma. Maka tak heran bila masyarakat telah terbiasa dengan hubungan dimana pria lebih tua dibanding dengan wanita. Ketika yang terjadi adalah kondisi sebaliknya, maka masyarakat menganggap hal itu sebagai masalah.

 Baca juga: Terjebak Macet saat Mudik? Cara Ini Bisa Bantu Usir Stres

Tak hanya sekadar mendapatkan stigma negatif dari masyarakat, hubungan antara wanita yang lebih tua daripada pria juga bisa membawa masalah pada hubungan itu sendiri. Penelitian menunjukkan bila pria yang lebih muda cenderung lebih berjuang untuk mendapatkan penerimaan sosial dan sering merasa lebih terisolasi dalam hubungan.

“Namun kondisi ini bisa berubah bila pasangan tersebut meresmikan hubungannya di kemudian hari. Alasan utamanya karena ada keterbukaan dan manajemen harapan untuk lebih baik di antara mereka. Pasangan menjadi kurang menuntut satu sama lain karena pengalaman hidup yang dipelajari bersama,” pungkas Sheela.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini