nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Susah Diajak Bertemu Keluarga Besar saat Lebaran? Lakukan Trik Ini Moms!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 196 1910005 anak-susah-diajak-bertemu-keluarga-besar-saat-lebaran-lakukan-trik-ini-moms-tt4NtVl6pl.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ANAK Anda termasuk orang yang sulit beradaptasi dengan lingkungan baru? Ya, salah satu tandanya adalah kurang aktif ketika berada di sekitar orang yang tidak dia kenal.

Hal ini mungkin bisa terjadi ketika lebaran. Saat berkumpul di rumah nenek, biasanya keluarga besar akan berkumpul dan momen ini biasanya ditakuti oleh sebagian anak. Alasannya karena dia bakal bertemu orang baru yang mungkin tidak membuatnya nyaman.

Ini adalah masalah, moms. Mau bagaimana pun, bersilaturahmi dengan sanak keluarga saat lebaran adalah momen yang mungkin sulit untuk terjadi lagi pada hari-hari berikutnya. Lalu, untuk menyiasati masalah ini, apa yang mesti dilakukan?

Psikolog Meity Arianty, STP., M.Psi., menjelaskan bahwa ketika si anak merasa tidak nyaman untuk datang mengunjungi rumah nenek saat lebaran, tentunya orangtua dilarang memaksa keinginannya tersebut.

Tapi, ini bukan juga jawaban yang 100 persen benar. Sebab, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membujuk si anak untuk mau datang ke rumah nenek. Ingat, momen lebaran itu sulit untuk terulang kembali.

"Ketika si anak tidak mau bertemu saudara, jangan dipaksa. Namun, kemudian Anda bisa sampaikan ke si kecil; 'Baiklah, sayang kalau kamu tidak mau. Tapi, ibu hanya merasa kasihan pada nenek. Harusnya kita melihat dan memberikan perhatian dan memberikan cinta, serta meminta maaf kepada nenek di hari yang fitri ini. Tapi, gimana lagi, kamu nggak mau membagi perhatian pada nenek. Kira-kira bagaimana, ya, perasaan nenek kalau tahu kita nggak dateng. Nenek pasti sedih banget," katanya melalui pesan WhatsApp pada Okezone, Minggu (27/5/2018).

Hal ini dilakukan untuk membuat si anak kembali memikirkan keputusannya yang tidak mau datang ke rumah nenek. Pada banyak kasus, Meity mengungkapkan bahwa hal ini biasanya berhasil membuat si anak berubah pikiran. Si anak bakal luluh dan memilih pergi dengan senang hati. Sebab, poinnya adalah si anak bulan lagi pergi ke rumah nenek untuk dirinya sendiri, tetapi untuk neneknya atau orang lain yang ada di dana.

Kumpul Lebaran(Foto: Shutterstock)

Pemahaman seperti ini tentunya juga mesti dipelajari setiap orangtua. Mengenali alasan kenapa si anak tidak mau hadir di acara halal bihalal lebaran di rumah nenek juga mesti diketahui.

Meity menjabarkan, misalnya si anak merasa malu karena tidak cantik dan menganggap dirinya tidak layak ada di acara keluarga. Kekhawatiran akan pandangan buruk yang dipikirkan si anak tentunya mesti dibenahi secara baik.

"Tanyakan pada si anak, apa yang membuatnya malu untuk datang ke rumah nenek. Jika jawabannya, 'aku nggak cantik', maka yang bisa Anda lakukan adalah menaikan tingkat kepercayaandirinya. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mendandani si buah hati supaya dia merasa cantik seperti tuan puteri," tambahnya.

Dengan pemahaman dan memberikan solusi dengan cara yang tepat, diharapkan si anak bisa lebih percaya diri dan mau untuk bergabung dengan saudara lainnya saat lebaran. Ingat, tidak boleh ada paksaan jika si anak menolak. Namun, ikut hadir bersama di acara lebaran keluarga besar juga tentunya akan membuat si anak memiliki jiwa sosial yang lebih luas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini