Kesal Warna Jeans Cepat Pudar dan Kusam? Cara Nyuci Kamu Salah Tuh

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 19:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 13 196 1910134 kesal-warna-jeans-cepat-pudar-dan-kusam-cara-nyuci-kamu-salah-tuh-EtPFXdBl89.jpg Ilustrasi Celana Jeans. (Foto: Wittyfeed)

BANYAK dari kita selalu bertanya-tanya mengapa baru beberapa bulan sejak dibeli, warna celana jeans sudah pudar dan kusam. Nah, ini mungkin menjadi pertanyaan hampir semua orang yang membeli celana jeans, meskipun sudah dicuci dengan seksama.

Warna jeans memang gampang memudar jika kita salah mencuci. Kita sering memperlakukan jeans sama seperti potongan kain lainnya dan tidak lebih, padahal ia berbeda dengan baju lain.

Sama seperti saat bekerja, di mana Anda tidak dapat menangani setiap klien dengan cara yang sama, maka Anda juga tidak dapat mencuci semua pakaian dengan cara yang sama. Kita cenderung mencuci jeans dengan pakaian lainnya di mesin cuci dengan tekanan panas yang tinggi, padahal itu justru merusak kain dan membuat jeans pudar dan kusam.

Namun, jika Anda tahu kapan dan seberapa sering harusnya mencuci jeans, maka jeans mungkin tidak akan cepat pudar dan kusam. Sekarang kita akan membahasnya seperti yang dilansir melalui Witty Feed. Dan pertama mari kita mulai dengan pertanyaan dasar, seberapa sering Anda mencuci jeans?

Baca Juga: Siapkan Bahannya, Yuk Coba Berbuka Puasa dengan Martabak Brownies!

Mencuci jeans adalah tentang seberapa banyak Anda dan jeans saling memahami. Artinya, hanya Anda yang tahu kapan waktu tepat untuk mencucinya. Sebisa mungkin jangan sering dicuci kecuali jeans Anda sudah mengeluarkan bau tidak sedap atau apek.

Mencuci manual vs mesin cuci

Banyak dari kita terlebih dahulu merendam lama jeans sebelum mencucinya, padahal itu hanya akan membuat warna pudar. Selain itu juga banyak yang menggunakan mesin cuci padahal tidak perlu karena hanya akan merusak kain dan membuatnya kusam. Sebaiknya cuci jeans Anda di bawah keran tanpa perlu direndam dan kucek halus di bagian noda terlihat, dan bila perlu gunakan hanya sedikit detergen saja.

Pisahkan jeans Anda

Namun,jika Anda ingin tetap mencucinya di mesin cuci, Anda harus berhati-hati dan berusaha ekstra. Ekstra bukan berarti berdiam diri dan membiarkan jeans dicuci bersamaan dengan pakaian lain. Upaya ekstra di sini adalah Anda harus mencuci pakaian warna gelap secara terpisah dari warna terang.

Baca Juga: Terjebak Macet saat Mudik? Cara Ini Bisa Bantu Usir Stres

Liat pengaturan mesin cuci

Pilih pengaturan yang paling rendah di mesin cuci Anda. Air dingin dan suhu rendah adalah yang paling pas, jika Anda tidak ingin jeans cepat memudar warnanya. Tetapi sekali lagi, tidak ada yang lebih baik daripada mencuci jeans dengan menggunakan tangan.

Hati-hati kala mengeringkan jeans

Nah ini adalah poin terpenting untuk membuat jeans tetap memiliki warna asli. Jika Anda ingin merusak jeans baru yang dimiliki maka cukup mengeringkanya di mode pengering mesin cuci atau di bawah terik sinar matahari yang sedang menyengat.

Tapi jika Anda mencintai jeans yang dimiliki dan ingin warnanya tetap tahan lama dan tidak kusam maka sebaiknya mengeringkannya hanya dengan angin. Letakkan di jemuran yang tidak terpapar langsung sinar matahari, ini akan memberikan hasil yang berbeda daripada Anda mengeringkan di mesin cuci yang hanya 10-15 menit tapi merusak jeans.

Jadi, jika Anda menyukai jeans yang baru dibeli dan ingin agar warnanya tidak cepat pudar dan kusam maka harus mengingat hal ini:

- Tidak mencuci terlalu sering.

- Jika memungkinkan, cuci jeans Anda dengan tangan.

- Jangan menggunakan mesin pengering. Biarkan jeans kering hanya dengan Angin.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini