nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Lihat Dua Tombol Flush di Toilet? Ternyata Ini Kegunaannya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 19:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 13 196 1910192 sering-lihat-dua-tombol-flush-di-toilet-ternyata-ini-kegunaannya-R0hiS73rJ9.png Double Flush (Foto: Timesofindia)

PERNAHKAH Anda memperhatikan tombol flush di toilet? Kalau dilihat-lihat, tombol flush di toilet selalu berjumlah dua. Satu tombol berukuran kecil, satu lagi berukuran besar. Keduanya disebut sebagai ‘dual flush’ yang memiliki kegunaan masing-masing.

Konsep dual flush itu hanya terdapat dalam toilet-toilet modern. Kedua tombol, baik yang besar maupun kecil, masing-masing terhubung dengan jalur keluar atau pipa sendiri.

Melansir dari Times of India, Rabu (13/6/2018), tombol yang lebih besar berguna untuk membuang air dengan kapasitas 6-9 liter sekali pencet. Sementara tombol yang lebih kecil akan mengeluarkan air untuk menyiram kotoran sebanyak 3-4,5 liter.

Tombol lebih besar diperuntukkan bagi jenis kotoran yang lebih berbentuk padat sedangkan tombol yang lebih kecil dirancang untuk membuang kotoran yang berbentuk cairan.

Konsep double flush tersebut dirancang dengan maksud untuk penghematan air yang dipakai untuk menyiram kotoran. Menurut perhitungan, jika satu rumah mampu menggunakan konsep tersebut dengan benar, maka dapat menghemat 20 ribu liter air setiap tahunnya dibandingkan single flush.

Pun begitu, biaya pemasangan toilet dengan double flush tentu tidak murah. Namun, manfaat yang Anda terima tidak main-main. Selain lebih ramah lingkungan, toilet tersebut mampu menghemat biaya pemakaian air jika Anda diharuskan membayar untuk setiap liter air yang dipakai.

Konsep tersebut pertama kali dirancang oleh orang Amerika Serikat (AS) bernama Victor Papanek. Rancangan tersebut dituangkan dalam bukunya ‘Design for the real world’ yang diterbitkan pada 1976. Dual flush baru dipakai pertama kali di Australia pada 1980.

Setelah Anda tahu kegunaan dan fungsi dua tombol dalam konsep double flush ini, setidaknya gunakan dengan benar, terutama di toilet-toilet yang berada di mall atau hotel. Jika hanya buang air kecil, maka siram dengan tombol yang lebih kecil. Jika Anda buang air besar, silakan tekan tombol yang lebih besar. Dengan begitu Anda sudah membantu menghemat air.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini