nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahukah Anda, Soda Pelepas Dahaga yang Berbahaya

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 13 298 1909897 tahukah-anda-soda-pelepas-dahaga-yang-berbahaya-E6V0R3gFHN.jpg

KETIKA cuaca panas melanda, sebotol minuman soda dingin banyak menjadi pilihan pelepas dahaga. Meski segar, efek minuman soda berkarbonasi hanya bersifat negatif bagi tubuh.

Laman Times Of India melansir akibat buruk minuman soda:

1. Mengancam tingkat kesuburan

Botol dan kaleng minuman soda terbuat dari bahan plastik dan logam murahan. Mengonsumsi rutin minuman ini dapat berdampak pada sistem reproduksi, khususnya karena bisphenol A (BPA), zat kimia yang digunakan dalam pembuatan botol plastik berhubungan dengan masalah hormonal. Walhasil, ada korelasi soda dengan peningkatan risiko keguguran dan tingkat kesuburan yang semakin rendah.

2. Kerusakan gigi dan gusi

Menurut sebuah penelitian, 92% orang dewasa menderita kerusakan gigi karena mengonsumsi soda secara teratur. Asam yang digunakan dalam soda melemahkan enamel gigi yang menyebabkan kerusakan gigi. Juga, kandungan gula berpontensi menimbulkan kerusakan gigi.

3. Gangguan saluran pencernaan

Banyak perusahaan soda menggunakan air keran yang mengandung kuman dan bakteri sebagai bahan bakunya. Menurut sebuah penelitian, air keran mengandung kandungan timbal tinggi yang menimbulkan gangguan saluran pencernaan manusia.

4. Risiko obesitas

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi soda dapat meningkatkan risiko obesitas sebesar 1,6 kali.

5. Masalah ginjal

Banyak minuman ringan mengandung asam fosfat tinggi, yang menurut dokter berisiko bagi hati dan ginjal. Konsumsi secara teratur dapat menyebabkan masalah ginjal dan batu ginjal.

6. Asma

Perusahaan minuman soda sering menggunakan pengawet sodium benzoate yang umumnya ditambahkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan pembusukan makanan. Menurut ilmu kedokteran, pengawet berhubungan dengan potensi asma.

(Baca Juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?)


7. Tulang rapuh

Asam fosfat yang digunakan dalam soda juga memecah tulang yang selanjutnya dapat menyebabkan peningkatan urin kalsium. Menurut sebuah penelitian, ini menyebabkan melemahnya tulang.

8. Risiko penyakit jantung

Minuman berbasis soda memiliki kandungan gula tinggi yang membuat hati menghasilkan lebih banyak trigliserida. Ini secara langsung terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini