nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penting! Pilah Pilih Makanan Saat Musim Panas Tiba, Ini Rekomendasinya

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 10:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 298 1909899 penting-pilah-pilih-makanan-saat-musim-panas-tiba-ini-rekomendasinya-8kNZdnH5w3.jpg

IT’S Summer Time! Kalau di Indonesia yang punya dua musim, namanya menjadi musim kemarau dan kerap muncul perubahan di metabolisme tubuh.

Dilansir dari Times Of India, memilih makanan yang tepat ketika musim kemarau tiba dapat menambah vitalitas tubuh. Catat jenis makanan yang boleh dan tidak dikonsumsi berikut ini:

Makanan yang boleh dikonsumsi:

1. Tumis sayuran

Olahan sayuran yang sangat mudah dibuat ini memberikan banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi kolesterol, melawan kanker, manfaat anti penuaan, mengandung vitamin yang kuat, dan berenergi.

2. Sup dingin

Jenis sup satu ini lezat disantap dalam kondisi dingin. Biasanya meliputi gazpachos, sup mentimun dingin, dan sup tomat dingin untuk memberikan rasa kenyang serta rasa segar yang lebih lama.

3. Salad Buah dan Sayur

Paparan sinar matahari yang menyengat saat musim panas dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit dengan efek tubuh lesu, mual, kelelahan bahkan dapat menyebabkan diare dan sembelit. Oleh karena itu, tingkatkan asupan buah dan sayuran segar dengan mencampurkan buah dan sayur menjadi salad yang berfungsi sebagai stabilitator panas tubuh.

4. Infused Water

Meningkatkan konsumsi cairan bagi tubuh saat musim panas idealnya menjadi sekitar 10-12 gelas per hari. Jika bosan dengan air putih yang tidak ada rasanya, maka bisa mengakalinya dengan memasukkan beberapa macam buah-buahan yang sering dikenal dengan infused water. Potongan kecil buah segar seperti kiwi, strawberry bisa ditambahkan dengan sedikit sirup.

(Baca Juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?)

Yang tidak boleh dikonsumsi:

1. Makanan tinggi protein

Secara umum, protein lebih sulit untuk dicerna apalagi ditambah dengan cuaca panas yang bisa membuat dehidrasi. Kondisi ini akan membuat tidak nyaman dan mungkin mual jika mengosumsi protein berlebihan.

Asupan protein harian yang direkomendasikan adalah satu gram per kilo berat badan ideal. Jika berat badan ideal 57-58 kilogram, maka asupan protein tidak boleh melebihi 57-58 gram per hari.

2. Makanan berminyak

Makanan berminyak atau gorengan sangat tidak disarankan saat musim panas. Minyak susah dinetralisir malah semakin banyak menyumbat tubuh. Apalagi ketika musim panas yang membuat tubuh cenderung dehidrasi sehingga sangat tidak tepat dikonsumsi.

3. Alkohol

Tidak ada yang terlihat lebih menggoda dan menyegarkan daripada koktail dingin atau minuman alkohol lainnya. Tapi pada kenyataannya alkohol akan menambah tingkat panas tubuh dan berkeringat. Alkohol juga membuat tubuh menjadi cepat terdehidrasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini