Menu Makanan Belanda Jadi Selingan Masakan Lebaran di Keluarga Aubry Beer

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 16 Juni 2018 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 13 298 1910034 menu-makanan-belanda-jadi-selingan-masakan-lebaran-di-keluarga-aubry-beer-grHEcOcYXZ.jpg Aubry Beer (Foto: @aubrybeer/Instagram)

SALAH satu hal yang paling dirindukan saat lebaran adalah makan ketupat bersama. Lauk opor ayam dan beberapa menu tambahan lainnya menjadi menu makanan yang nikmat disantap selagi gema takbur terus berkumandang.

Di beberapa keluarga, menu lebaran ini sangat khas. Tergantung dari adat dan budaya yang mereka amini. Sebut saja keluarga Selebriti Aubry Beer. Menjadi keluarga blasteran Indonesia-Belanda, ternyata makanan negara kincir anginnya pun tersaji di meja makan saat lebaran.

Namun, panganan khas Indonesia pun tetap menjadi menu favorit keluarga Aubry. "Di keluarga aku, lebaran itu menu makanannya tidak berbeda jauh dengan keluarga lainnya. Ada opor ayam, ketupat, tumis buncis dan kentang balado. Rendang juga ada sih," cerita Aubry saat ditemui Okezone di ICE BSD, beberapa waktu lalu.

Aubry melanjutkan, selain menu makanan pokok tersebut, untuk keluarga atau tamu yang hadir, biasanya di rumahnya tersaji macaroni shhotel. Menu ini yang kemudian menjadi ciri khas keluarga Aubry menurut beberapa tamu yang pernah bersilatrahmi ke rumahnya.

"Rumah aku tuh suka jadi tempat ngumpul keluarga. Jadi, lebaran tuh ramai. Nah, makanan cemilannya itu salah satunya macaroni schotel itu," terang perempuan yang hobi berenang itu.

macaroni(Foto: Cookpad)

Selain menu-menu itu, karena ada keturunan Belanda, ternyata makanan khas negeri kincir angin tersebut tetap disediakan keluarga Aubry. Makanan khas Belanda yang selalu hadir di lebaran H+3 biasanya adalah Hachee. Menurut Aubry, panganan ini selalu ada sebagai menu alternatif jika makanan lebaran sudah bosan.

Sedikit informasi, Hachee ini merupakan panganan yang terbuat dari dutch beef stew yang menurut Aubry visualnya tidak beda jauh dengan rendang. "Tapi, kalau rendang rasanya manis, kalau Hachee ini rasanya asin," singkatnya.

Hachee(Foto: Emte)

Nah, Hachee ini biasanya dikonsumsi dengan menu makanan khas Belanda lainnya. Sebut saja Rode Kool Met Appletjes. "Ini tuh makanan yang terbuat dari kol merah yang dimasak bersama dengan apel dan kayu manis. Makan masakan ini juga biasanya dengan mashed potato. Enak deh rasanya," ungkap Aubry lantas tersenyum.

Mix culture ini sudah menjadi tradisi keluarga Aubry sejak dulu. Hal ini tentunya sebagai cara orangtuanya mengenalkan budaya Indonesia dan Belanda bersamaan dan tentunya dengan cara yang menarik. Hayo, mau icip bareng nggak makanan ini?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini