Tips Mudik Sehat untuk Ibu Hamil, Bisa Bikin Anti Mual Loh!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 07:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 13 406 1909876 tips-mudik-sehat-untuk-ibu-hamil-bisa-bikin-anti-mual-loh-dVu9Z9AxVS.jpg Hamil tetap mudik (Healthy Pregnancy)

LEBARAN tidak lengkap jika tidak berkumpul dengan keluarga. Bagi masyarakat yang merantau di daerah lain, saat menjelang Lebaran biasanya akan melakukan mudik.

Mudik dilakukan oleh hampir setiap orang, termasuk ibu hamil. Namun, bagi ibu hamil yang hendak mudik sebaiknya mengikuti tips berikut yang diberikan oleh dr. Benny Johan Marpaung, Sp. OG, Spesialis Kebidanan dan Kandungan.

 Baca juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat


1. Sebaiknya agar terhindar dari rasa mual, muntah yang berlebihan selama perjalan mudik, dan menghindari risiko terjadinya kontrasksi selama perjalanan mudik, sebaiknya lakukan saat usia kehamilan berusia kurang dari 32 minggu (4-7 bulan).

 Ibu Hamil (Goodtoknows)

2. Hal-hal yang harus diperhatikan:

- Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan mom sebelum melakukan perjalanan mudik untuk mengetahui kondisi kesehatan mom dan janin yang ada di kandungan serta surat rekomendasi dari.dokter.dimana beberapa moda tranportasi, meminta adanya surat rekomendasi dari dokter.

 Baca juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?

- Tentu kan jalur dan alat tranportasi yang akan.dipergunakan untuk.mudik, sebaiknya menghindari jalur yang panjang serta macet panjang, waktu tempuh yang berhari-hari akan menguras tenaga membuat mom lekas lelah dan.kondisi fisik.mom menurun.

 Ibu Hamil

- Cari informasi yang jelas terkait fasilitas penunjang kesehatan di sepanjang jalur yang ditempuh dan tuju. Hal.ini akan mempermudah jika mom membutuhkan fasilitas kesehatan pada saat perjalanan.

- Pakailah pakaian dan.sepatu yang nyaman dalam.perjalanan.

- Pilih posisi yang nyaman. Sebab, posisi duduk yang berlama-lama dengan posisi kaki.menggantung, rawan terjadinya kaki bengkak. Bawalah bantal kecil yang empuk, untuk.menyangga bagian belakang punggung mom agar tidak terasa nyeri akibat adanya tekanan dari perut yang membuncit. Tarik tuas kursi dan merebahkan kursi.membentuk.sudut 110 derajat. Sebaiknya pilihlah bangku yang berada di pinggir di tepi yang keluar masuk, memudahkan mom jika.ingin ke toilet, karena bumil sering kali rasa ingin buang air kecil.

- Bawa.kantong muntah dan pereda rasa mual. Mom.dapat menyediakan kantong muntah jika.suatu saat ada jika diperlukan. Sediakan juga pereda.mual seperti.permen jahe, kunyit atau minyak.angin selama perjalanan.

 Baca juga: Digosipkan Selingkuh, Netizen Pertaruhkan Rumah Tangga David Beckham dan Victoria

- Bawa makanan dan minuman ringan yang bisa dikonsumsi sepanjang perjalanan seperti air, buah, coklat, dan.roti, serta minuman lainnya, yaitu jus dan susu khusus ibu hamil dalam.kemasan yang praktis untuk.dibawa.

 Ibu Hamil

3. Untuk.perjalanan yang jauh sebaiknya dengan.moda transportasi pesawat agar.menghindari kelelahan yang berlebihan sepanjang perjalanan.

4. Mudik membuat rasa pegal, untuk.itu mom.bisa.melakukan peregangan-peregangan kecil ketika kendaraan berhenti atau saat beristirahat. Ataupun melakuakan peregangan-peregangan pada daerah kaki dengan.cara meluruskan kaki dan memutar-mutar pergelangan kaki dan tangan agar tidak terasa kram, selebihnya bisa disesuaikan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini