nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Tahu! 6 Hewan Ini Ternyata Hidup hingga Ratusan Tahun

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 22:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 406 1910242 baru-tahu-6-hewan-ini-ternyata-hidup-hingga-ratusan-tahun-hWYIUvXSIg.jpeg Kura-Kura (Foto: Wittyfeed)

BERUMUR panjang merupakan impian seluruh makhluk hidup. Tak hanya manusia, hewan pun ingin hidup hingga usia tua. Oleh sebab itu, tak aneh jika beberapa hewan mampu hidup hingga ratusan tahun yang tentunya akan membuat Anda menjadi tercengang.

Hidup hingga ratusan tahun tentunya menjadi suatu hal yang sedikit aneh bagi beberapa spesies, namun nyatanya hal tersebut memang bisa terjadi di dunia nyata. Melansir dari Witty Feed, Rabu (13/6/2018), Okezone akan membahas tentang beberapa hewan yang mampu hidup hingga berusia ratusan tahun.

1.Hiu

Beberapa waktu lalu, para ilmuwan telah menemukan seekor vetebrata tertua yang pernah hidup. Hewan ini diidentifikasi merupakan seekor Hiu Greenland yang berbobot lebih dari satu ton. Hiu ini diyakini berusia 272 tahun dan dapat hidup hingga usia maksimum yakni 512 tahun dengan panjang 18 kaki.

 

2.Ming Moluska

Ming Moluska secara resmi menjadi makhluk tertua yang pernah hidup. Julukannya adalah Hafrun, dan berusia lebih dari 500 tahun. Usia kerang ini ditentukan menjadi 507 tahun yakni dari 1499 hingga 2006. Namun, nahas kerang ini tidak sengaja terbunuh ketika para ilmuwan membukanya untuk memeriksa umurnya.

3.Ikan Koi

Ikan Koi Jepang betina ini dianggap sebagai ikan tertua di dunia. Ia lahir pada 1751 yang membuatnya lebih tua dari Amerika Serikat. Ikan koi lucu ini bernama Hanako. Ia mati pada 1977 setelah mencetak rekor terbaru untuk jenisnya. Biasanya ikan jenis ini hanya dapat hidup selama 47 tahun.

4.Kura-kura

Adwaita dinobatkan sebagai kura-kura tertua di dunia yang hidup di Kebun Binatang Alipore India sebelum mati pada 2006. Saat mati, kura-kura ini berusia 255 tahun. Ia diyakini ditangkap oleh seorang pelaut Inggris di Seychelles dan memberikannya kepada East India Company.

5.Lobster

George Lobster merupakan lobster tertua yang pernah hidup. George lahir sekira 1869 dan telah hidup selama 140 tahun. Ia ditangkap pada Desember 2008 dan dirilis kembali ke alam liar pada Januari 2009.

6.Tuatara

 Tuatara tertua di dunia ini bernama Henry. Ia kerap disebut sebagai fosil hidup yang merupakan keturunan dari keluarga dinosaurus. Henry kini berusia 110 tahun dan masih tinggal di Selandia Baru. Tuatara merupakan spesies yang terancam punah. Oleh sebab itu, orang-orang merayakannya ketika Henry menjadi ayah bagi 11 bayi tuatara.

 
1 / 6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini