Lakukan Hal Ini Agar Tak Mabuk Kendaraan saat Perjalanan Mudik

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 13:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 481 1910027 lakukan-hal-ini-agar-tak-mabuk-kendaraan-di-perjalanan-mudik-yJ5rftyYc7.jpg Mabuk Kendaraan (Livescience)

PADA beberapa orang, masalah yang ditemui selama perjalanan mudik bukan hanya sekadar macet. Ada yang harus berjuang melawan rasa mabuk di perjalanan agar tidak muntah. Terlebih mabuk bisa terjadi pada perjalanan darat, laut, maupun udara.

Mabuk atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah motion sickness adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan mual, pusing, dan bahkan muntah. Menurut seorang dokter, Dr Jennifer Derebery mabuk terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara mata, telinga bagian dalam, dan sumsum tulang belakang. Beruntung ada cara tertentu yang bisa dilakukan untuk mencegah mabuk perjalanan.

Melansir The New York Times, Rabu (13/6/2018), inilah tips agar tidak mabuk selama perjalanan mudik:

 Baca juga: Terjebak Macet saat Mudik? Cara Ini Bisa Bantu Usir Stres

Melihat objek yang bergerak

Penumpang (Pestleherbs)

Saat rasa mabuk menyerang, seseorang cenderung ingin menutup mata atau berbaring. Itu adalah hal yang wajar namun sebaiknya tidak dilakukan. Daripada menutup mata, arahkan pandangan untuk melihat objek yang bergerak. Menurut Dr Jennifer, cara ini ampuh untuk membuat tubuh pulih dari mabuk perjalanan. "Lihatlah sesuatu yang bergerak selama beberapa menit. Cara ini membantu mengarahkan telinga bagian dalam sehingga meringankan gejala mabuk," tuturnya.

 Baca juga: Hadapi Lebaran, Ini Cara Mudik Band Pelantun Lagu Terlatih Patah Hati

Pilih posisi terbaik


Untuk mencegah atau mengurangi tingkat keparahan mabuk, cobalah duduk di kursi bagian depan. Cara ini membuat mata bisa melihat setiap gerakan seperti yang disebutkan sebelumnya. Bagi yang mudik dengan kereta api atau pesawat, carilah tempat duduk di dekat jendela. Selain itu, hindari aktivitas seperti membaca, menonton televisi, dan bermain ponsel. Sebab aktivitas-aktivitas tersebut dapat menghilangkan keseimbangan telinga bagian dalam yang berdampak pada mabuk perjalanan.

 Mabuk (Tqn)

Hindari makanan tertentu

Selama perjalanan, hindari konsumsi gorengan, makanan pedas, dan yang terlalu berat. Makanan-makanan itu sulit dicerna sehingga bisa menyebabkan keinginan untuk muntah. Pilihlah makanan yang mudah dicerna seperti sup ayam, bagel, dan biskuit. Untuk minum, pilih cairan bening berkarbonasi seperti ginger ale yang membantu mengatasi mual.

Baca juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat

Minum obat anti mabuk

Ini adalah cara yang paling sering dijadikan pilihan. Minumlah obat yany mengandung antihistamin sehingga bisa mencegah rasa mabuk. Minumlah obat satu jam sebelum perjalanan mereka dimulai. Selain itu, bisa juga menggunakan benda yang menekan titik pergelangan tangan seperti gelang atau jam karena dapat memengaruhi keseimbangan telinga bagian dalam.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini