Kopi Brokoli, Cara Praktis Turunkan Berat Badan

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 21:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 13 481 1910213 kopi-brokoli-cara-praktis-turunkan-berat-badan-oKZIj4G1wm.jpg Ilustrasi Kopi. (Foto: Shutterstock)

BROKOLI adalah sayuran hijau yang terbukti baik untuk membantu menurunkan berat badan. Sayangnya, rasanya yang kurang enak membuat brokoli minim peminat, meskipun wajib masuk dalam menu diet.

Tapi jangan salah, ternyata brokoli juga bisa dilah menjadi kopi. Memang tidak biasa, namun dengan meningkatnya obsesi banyak orang tentang makan sehat, maka sesuatu yang baru terus muncul setiap hari dan kali ini adalah kopi brokoli.

Konsep kopi brokoli dikembangkan oleh Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization dan inovasi Hort di Australia. Menurut sebuah penelitian, rata-rata orang di Australia tidak mengonsumsi cukup sayuran setiap hari, sehingga bubuk brokoli dinilai bisa menjadi ide mengatasi masalah ini, sekaligus menurunkan berat badan, demikian dilansir dari times of India.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Agar Tak Mabuk Kendaraan saat Perjalanan Mudik

(Foto: Boldsky)

Cara membuat

Membuat kopi brokoli itu sederhana. Anda hanya perlu mengeringkan brokoli dan digiling menjadi bubuk halus. Bubuk ini dapat ditambahkan ke kopi Anda untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan dari brokoli.

Satu porsi sayuran sama dengan dua sendok makan bubuk brokoli. Ini juga cara yang bagus untuk memakan sayuran hijau yang kita tidak suka makan.

Manfaat Kopi brokoli

Brokoli melindungi Anda dari penyakit jantung, kanker dan menurunkan berat badan. Sementara kopi adalah minuman yang kerap dikonsumsi setiap hari, itulah sebabnya menambahkan bubuk brokoli ke kopi adalah cara yang masuk akal.

Akan tetapi jika Anda tidak menyukai kopi, Anda bisa menambahkan bubuk ini ke smoothie, jus buah, oat, atau bahkan salad.

Baca Juga: Siapkan Bahannya, Yuk Coba Berbuka Puasa dengan Martabak Brownies!

 

Brokoli dan penurunan berat badan

Tidak hanya rendah kalori, brokoli juga dikemas dengan kandungan nutrisi penting dan serat, yang memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Mikronutrien hadir di dalamnya mendukung penurunan berat badan dengan memecah lemak.

Satu cangkir sayuran hijau ini memberi Anda 100% Vitamin C dan Vitamin K yang dibutuhkan setiap hari. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada 2017, lemak pada orang-orang yang memiliki kadar vitamin C akan lebih rendah.

Selain itu, orang-orang yang mengonsumsi jumlah vitamin C yang lebih tinggi, biasanya tidak lebih berat daripada mereka yang enggan mengonsumsi vitamin c. Ini juga merupakan sumber folat, vitamin A, vitamin B-6 dan potassium.

Makanan dengan kepadatan energi rendah adalah bagian penting dari program penurunan berat badan dan brokoli adalah salah satunya. Makanan ini memiliki sedikit kalori per gram makanan dan dengan demikian, Anda dapat mengkonsumsi porsi besar dan tetap membatasi kalori.

Brokoli penuh dengan air dan serat, dimana 90% nya adalah air. Serat menyerap air dan mengembang dan dengan demikian, membuat Anda kenyang lebih lama.

Sayuran hijau ini juga merupakan sumber fitokimia yang baik, sulforaphane dan indole-3-carbinol, yang bisa menurunkan berat badan. Penurunan berat badan mendukung nutrisi seperti vitamin C, kromium dan kalsium yang juga hadir dalam brokoli.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini