Ini 5 Tips Agar Tidak Drop saat Lebaran, Yuk Disimak

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 22:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 13 481 1910221 ini-5-tips-agar-tidak-drop-saat-lebaran-yuk-disimak-tdwyGUTjSR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA Lebaran, energi bisa terkuras habis karena aktivitas yang kita kerjakan. Karenanya, Anda harus tetap menjaga kondisi kesehatan agar tidak cepat capek.

Bagaimana tidak, saat Lebaran pasti banyak aktivitas tak biasa dilakukan. Mulai dari berkunjung ke sanak saudara, masak besar untuk suguhan tamu, hingga mengurus para keponakan yang bawel, dan sebagainya. Kalau tubuh drop pasti perayaan Lebaran jadi tidak lancar dan kurang menyenangkan.

Lantas, bagaimana tipsnya supaya tubuh tetap bugar dan aktif selama Lebaran. Dilansir Livestrong, Rabu (13/6/2018), berikut adalah lima tips sehat yang bisa dilakukan selama Lebaran agar tubuh tidak gampang drop. Yuk disimak!

Baca Juga: Berwajah Unik, Model Asal Tibet Disebut Mirip Neytiri Tokoh Perempuan di Film Avatar

1. Konsumsi makanan sehat

Ketika makan dengan benar, Anda tidak hanya merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi. Asupan nutrisi lengkap seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan serat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Kurangi makanan bersantan, penuh lemak jenuh, hindari makanan olahan dan makanan manis saat Lebaran. Kalau Anda melakukan hal itu dengan rutin, metabolisme tidak terganggu dan gula darah tetap stabil.

2. Jangan lupa olahraga

Sama seperti konsumsi makanan sehat, olahraga juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Aktivitas fisik yang teratur membantu mengendalikan berat badan, memperkuat tulang dan otot, meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental Anda.

Di samping itu, paling tidak, Anda tetap harus melakukan olahraga santai. Seperti jalan kaki, bersepeda, jogging di pagi hari dan pilihan olahraga lain yang menyenangkan. Jika dalam seminggu terus dilakukan, efeknya baik untuk tubuh dalam jangka panjang pula.

Baca Juga: Siapkan Bahannya, Yuk Coba Berbuka Puasa dengan Martabak Brownies!

 

3. Tidur yang cukup

Sejak pagi Anda punya banyak aktivitas saat Lebaran. Tapi jangan lupakan durasi tidur yang cukup. Tidur diperlukan untuk penyembuhan dan perbaikan jantung, serta pembuluh darah Anda. Di samping itu, fungsinya juga membantu dalam keseimbangan hormon Anda. Terlepas dari itu, sistem kekebalan tubuh jadi terjaga, sehingga bebas serangan penyakit infeksi.

4. Mengurangi risiko stres

Manajemen stres sangat penting dalam kehidupan Anda. Meskipun stres tidak bisa dihindari, tapi bisa dikendalikan. Ketika stres denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Ketika itu, tubuh jadi drop dan tidak kuat melakukan suatu aktivitas. Maka kelola stress dengan rutin dengan melakukan hal yang menurut Anda menyenangkan.

5. Jangan lupa minum air putih

Tubuh perlu mendapatkan asupan air putih agar tidak cepat lemas. Mumpung Lebaran sudah tidak perlu menahan haus, Anda bisa mencukupi kebutuhan air putih kapan saja. Dalam sehari Anda dianjurkan minum 8 gelas air putih. Sebagai kombinasi, Anda bisa minum jus buah segar, teh hangat, dan sebagainya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini