nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Biasakan Minum Teh di Pagi Hari, Ini 5 Bahayanya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 01:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 14 481 1910266 jangan-biasakan-minum-teh-di-pagi-hari-ini-5-bahayanya-TBA77Ga5l1.jpg Ilustrasi Teh. (Foto: Reuters)

APAKAH Anda terbiasa minum teh atau kopi setiap pagi untuk membangkitkan semangat? Tapi tahukah Anda, apa yang terjadi dalam tubuh Anda jika terus-menerus melakukan kebiasaan ini?

Pada dasarnya, baik teh atau kopi mengandung kafein hanya kadarnya yang berbeda. Oleh karena itu, minuman ini pun tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong, meski ditemani oleh makanan ringan.

Meskipun teh punya manfaat baik berkat kandungan antioksidan dan katekin, jika diminum saat perut kosong bisa berdampak buruk. Ahli Gizi Pooja Makhija membeberkan lima dampak minum teh saat pagi hari. Berikut ulasannya dilansir Thehealthsite.

Baca Juga: 6 Langkah Mudah Bikin Kue Lebaran Tanpa Gagal

1. Mengganggu aktivitas metabolik

Minum teh di pagi hari mungkin mengganggu sistem metabolik Anda. Itu sebabnya karena ketidakseimbangan asam dan basa zat dalam perut yang belum terisi. Dampaknya juga bisa-bisa merembet ke sistem pencernaan. Misalnya perut Anda jadi kembung, mulas, dan sebagainya.

2. Lebih cepat haus

Usai minum teh pasti Anda merasa lebih cepat haus. Itu karena teh mengandung kafein yang tajam. Bahkan, minuman ini juga mengandung sifat diuretik, yang sebabkan Anda sulit menahan kencing. Pada akhirnya, saat dehidrasi tubuh rasanya lemas dan kurang semangat beraktivitas.

3. Mengikis kesehatan gigi dan mulut

Ketika Anda mengonsumsi teh di pagi hari, bakteri di mulut Anda meningkat, apalagi kalau ditambahkan gula. Hal itu bisa mengakibatkan erosi enamel dalam gigi karena kadar asamnya. Belum lagi, Anda mengalami ancaman radang gusi karena mengandung bakteri berlebihan.

Baca Juga: Berwajah Unik, Model Asal Tibet Disebut Mirip Neytiri Tokoh Perempuan di Film Avatar

  Image result for teh, okezone

4. Mual

Efek samping jika Anda berlebihan minum teh ialah rasa mual yang menyakitkan. Itu karena tubuh Anda menerima kelebihan dosis kafein. Jika dikonsumsi saat perut kosong, dampaknya jelas berbahaya. Tentu hal ini harus segera dicegah, sehingga hindari minum teh pagi-pagi.

5. Menyebabkan sembelit

Anda bisa saja merasa kembung hingga sembelit karena berlebihan minum teh. Apalagi kalau ditambahkan susu. Sistem pencernaan mungkin tidak siap mencerna karena belum diisi dengan makanan lain. Jadilah Anda mengalami kentut, perut mulas, hingga sembelit di pagi hari.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini