nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Sembuhkan Kanker, Ini 9 Manfaat Teh Hijau yang Mungkin Belum Anda Tahu

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 18:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 14 481 1910360 tak-hanya-sembuhkan-kanker-ini-9-manfaat-teh-hijau-yang-mungkin-belum-anda-tahu-E0es1ApGbA.jpg Ilustrasi Teh Hijau. (Foto: Reuters)

MEMILIKI kebiasaan meminum teh, memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, lantaran minuman ini kaya antioksidan. Salah satu jenis varian teh yang kerap menjadi buruan adalah teh hijau.

Selain rasanya yang nikmat, teh hijau juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Menyadur dari Medical News Today, Okezone pun akan membahas mengenai beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan.

1. Dapat mencegah kanker

Menurut National Cancer Institute, polifenol yang terkandung dalam teh telah terbukti mengurangi pertumbuhan tumor. Menurut penelitian kandungan yang terdapat dalam teh hijau dapat melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet UVB.

Baca Juga: 6 Cara Tampil Seksi dengan Rambut Panjang, Berani Coba?

2. Baik untuk kesehatan jantung

Sebuah studi 2006 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menyimpulkan bahwa konsumsi teh hijau dikaitkan dengan penurunan angka kematian termasuk penyakit kardiovaskular. Penelitian ini diikuti lebih dari 40.000 peserta Jepang antara usia 40 dan 79 selama 11 tahun, dimulai pada tahun 1994.

3. menurunkan kolesterol

Analisis studi yang diterbitkan pada tahun 2011 menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau, dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total dan LDL atau "buruk".

4. Dapat menurunkan risiko stroke

Minum teh hijau atau kopi secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stroke: Journal of American Heart Association.

Baca Juga: Jangan Biasakan Minum Teh di Pagi Hari, Ini 5 Bahayanya

5. Teh hijau baik untuk diabetes tipe dua

Studi tentang hubungan antara teh hijau dan diabetes tidak konsisten. Beberapa orang menunjukkan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 untuk peminum teh hijau, daripada mereka yang tidak mengonsumsi teh. Sementara penelitian lain tidak menemukan hubungan antara konsumsi teh dan diabetes sama sekali.

6. Menurunkan berat badan

Teh hijau dapat mempromosikan penurunan berat badan yang tidak signifikan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas. Namun, karena penurunan berat badan dalam studi sangat minim, tidak mungkin teh hijau secara klinis penting untuk menurunkan berat badan.

7. Mencegah penyakit kulit dan inflamasi

Sebuah studi 2007 menyimpulkan teh hijau bisa menjanjikan pengobatan baru untuk gangguan kulit seperti psoriasis dan ketombe. Para peneliti mempelajari model hewan untuk penyakit kulit inflamasi, sering ditandai dengan bercak-bercak kering, merah, kulit terkelupas yang disebabkan oleh peradangan dan kelebihan produksi sel-sel kulit.

Mereka yang diobati dengan teh hijau menunjukkan pertumbuhan sel kulit yang lebih lambat dan adanya gen yang mengatur siklus kehidupan sel.

8. Meningkatkan memori kerja

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychopharmacology menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif otak manusia, terutama memori kerja. Tim peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan teh hijau bisa menjadi obat gangguan kognitif yang terkait dengan gangguan neuropsikiatrik, seperti demensia.

 

9. Dapat mengobati alzheimer

Dalam penelitian 2011 para peneliti menguji pengaruh komponen teh hijau, CAGTE (atau ekstrak teh hijau "colon available"), setelah dicerna, untuk melihat bagaimana hal itu mempengaruhi protein kunci pada penyakit Alzheimer.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini