Lawan Penyakit Jantung dengan Biji Rami, Ini Caranya

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 19:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 14 481 1910392 lawan-penyakit-jantung-dengan-biji-rami-ini-caranya-MkSujfoL9o.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT jantung merupakan penyakit yang paling sering dialami orang, lantaran gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Penyakit jantung sendiri terdiri dari dua macam yakni jantung koroner dan jantung kongenital.

Gejala umum yang paling sering dialami dari kondisi ini adalah nyeri dada, palpitasi jantung dan sesak napas yang berbeda dengan biasanya. Namun, jangan takut, mengonsumsi biji-bijian ini justru dapat membantu mengurangi risiko Anda mengalami sakit Jantung.

Menurut Cleveland Clinic, risiko penyakit jantung bisa dikurangi dengan mengonsumsi Flax Seeds (biji rami). Biji-bijian ini memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan bisa menjadikannya makanan alternatif selain makanan-makanan laut.

Baca Juga: Bersenggama Tanpa Rasa Sakit, Ini 5 Cara untuk Ciptakan Pelumas Alami

Penyakit jantung koroner, atau penyakit jantung iskemik, adalah salah satu tipe yang paling umum menyerang masyarakat. Gejalanya adalah nyeri dada, pernapasan yang tidak biasa dan gagal jantung. Anda yang memiliki kebiasaan merokok, menderita diabetes dan memiliki tekanan darah tinggi pun lebih berpotensi terkena penyakit ini.

Tapi bukan berarti Anda harus menerima kenyataan dengan menerima begitu saja penyakit mengerikan ini. Anda bisa mengurangi risiko ini dengan membuat perubahan pada menu diet Anda.

“Biji rami mengandung asam lemak Omega 3, serat dan fitoestrogen untuk meningkatkan kesehatan jantung. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk utuh atau di haluskan untuk mendapatkan manfaatnya,” ucap salah satu klinik kesehatan yang berbasis di Amerika Serikat, melansir dari Express.

Baca Juga: Gadis Asia Cantik Bertato Viral di Internet, Siapa Dia Sebenarnya?

The British Heart Foundation juga mengatakan bahwa biji rami dapat menjaga kesehatan jantung. Awalnya mengonsumsi ikan dinilai bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Tapi bagi orang yang tidak suka makan ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi sumber omega 3 alternatif.

Badan kesehatan tersebut mengatakan bahwa memakan 30 gram biji rami setiap hari dalam memberi Anda 153 kalori. Anda bisa mencampurnya dengan salad atau smoothie. Bila suka, Anda juga bisa menaruhnya di atas bubur.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini