nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kilaukan Rambut dan Haluskan Kulit dengan Sawo, Ini Caranya

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 22:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 14 481 1910413 kilaukan-rambut-dan-haluskan-kulit-dengan-sawo-ini-caranya-WJonEj3iHA.jpg Ilustrasi Sawo. (Foto: Tropicalfruitnursery)

SAWO adalah buah musim tropis yang banyak ditemukan di berbagai negara terutama Asia. Selain memiliki rasa yang lezat dan dikenal kaya kalori, sawo masih memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk kulit dan rambut.

Manfaat sawo untuk kulit dan rambut sangat menakjubkan dan Anda mungkin tidak mengetahuinya sebelumnya. Dilansir dari Boldsky, ada beberapa manfaatnya bagi kesehatan kulit dan rambut tersebut.

Sawo kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk mendapatkan kulit yang bersinar. Buah-buahan seperti itu mudah ditemukan di pasar, dan Anda tidak perlu lagi bergantung pada salon atau spa untuk mendapatkan kulit yang sempurna dan cantik.

Sawo dikenal untuk merawat kulit dari dalam dan memastikan bahwa Anda mencapai kulit bercahaya alami yang tidak dapat diberikan oleh produk rias yang kaya bahan kimia.

Baca Juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?

1. Sawo memastikan kulit mendapatkan cahaya alami dan bersinar. Jadi, makan sawo setiap hari dapat mengurangi efek dari sejumlah produk perawatan kulit berbasis kimia yang cenderung Anda gunakan setiap hari. Sawo mengandung vitamin E yang melembabkan kulit dari dalam.

2. Sawo mengandung antioksidan yang membuatnya menjadi agen anti-penuaan yang baik. Buah yang lezat ini membasmi radikal bebas di dalam tubuh yang sebenarnya bertanggung jawab atas proses penuaan. Buah ini juga bagus dalam mengurangi terjadinya kerutan.

3. Minyak yang diperoleh dari biji-biji sawo digunakan sejak lama sebagai salep kulit. Residu biji sawo, setelah minyak diekstraksi, dapat digunakan untuk mengatasi kulit bermasalah. Ini bekerja cepat dan dikatakan menunjukkan hasil baik untuk jangka panjang.

Baca Juga: Jangan Biasakan Minum Teh di Pagi Hari, Ini 5 Bahayanya

4. Getah tanaman sawo, yang tampak seperti susu, efektif dalam mengobati pertumbuhan jamur dan kutil yang muncul pada kulit. Ini menawarkan solusi permanen, tidak seperti beberapa salep berbahan kimia yang hanya menunjukkan hasil sementara.

5. Sawo mengandung kombinasi unik vitamin A dan C yang membantu mempercantik kulit yang memberikan cahaya alami.

Selain itu, untuk mendapatkan rambut yang sehat maka membutuhkan pasokan nutrisi yang tepat dan berkelanjutan untuk tubuh dan juga penyerapan nutrisi yang tepat. Masalah rambut terjadi karena gaya hidup yang tidak tepat.

Masalah rambut juga bisa karena paparan bahan kimia berbahaya dan nutrisi yang tidak memadai dalam diet Anda. Sawo penuh dengan nutrisi, yang cukup membuatnya menjadi buah yang baik untuk mencapai kesehatan rambut.

1. Rambut tetap lembab dan halus dengan menggunakan minyak yang diekstrak dari biji sawo. Rambut yang dilembabkan dapat dengan mudah diatur jika dibandingkan dengan rambut yang tidak sehat dan keriting. Karena itu, minyak ini juga dianggap sangat bermanfaat digunakan oleh orang yang memiliki rambut keriting.

Ada banyak orang yang menghindari mengaplikasikan minyak ke rambut karena takut minyak akan membuat rambut mereka berminyak dan lengket. Padahal minyak yang diekstrak dari biji sawo tidak meninggalkan residu berminyak pada rambut, karena akan diserap dengan cepat.

2. Minyak biji sawo juga menyehatkan kulit kepala dan sangat baik dalam mengurangi kondisi kulit yang teriritasi. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut sehat. Rambut rontok yang disebabkan karena dermatitis seboroik juga dapat diobati secara efektif dengan penggunaan minyak ini.

3. Anda dapat menggunakan biji sawo yang telah dihancurkan menjadi masker rambut dengan mencampurkannya dengan minyak jarak. Anda bisa mengoleskan campuran ini pada rambut, diamkan semalaman dan kemudian bersihkan esok hari. Ini dikenal efektif mengatasi masalah ketombe dan membuat rambut sangat halus.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini