nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diserang Gangguan Cemas? Coba 12 Trik Ini Deh

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 21:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 14 481 1910422 diserang-gangguan-cemas-coba-12-trik-ini-deh-cIQ4zgeH5o.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GEJALA kecemasan terkadang dihadapi seseorang karena berbagai hal, bisa karena keadaaan lingkungan ataupun macet yang membuat stres dan berujung pada kecemasan.

Kecemasan yang berlarut hingga jangka waktu panjang bisa sangat merugikan jika tidak ditangani dengan baik. Kecemasan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diobati, terapi, dan menemukan kebiasaan baru yang bisa membuat kita hampir bebas dari kecemasan setiap harinya.

Memang tidak mudah, tetapi dengan bekerja sama dengan dokter dan mempelajari beberapa trik, kita mampu mengelola kecemasan. Dilansir dari Health Line ada 12 tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan yang menyerang.

Baca Juga: Jangan Biasakan Minum Teh di Pagi Hari, Ini 5 Bahayanya

1. Hindari kafein

Kafein dikenal sebagai inducer kecemasan. Tetapi, minum kopi mungkin telah menjadi kebiasaan sehingga kita sering lupa betapa sensitifnya cafein terhadapnya. Maka jika ingin mengatasi kecemasan cobalah untuk berhenti minum kafein. Ini juga berlaku untuk minuman ringan berkafein.

2. Hindari alkohol

Perasaan cemas bisa begitu luar biasa sehingga Anda mungkin merasakan dorongan untuk meminum koktail untuk membantu merilekskan pikiran. Alkhol memang menenangkan, tapi hanya dalam jangka pendek, karena alkohol sebenarnya mengubah tingkat serotonin dan neurotransmitter lainnya di otak, membuat gejala Anda lebih buruk.

3. Tuliskan alasan cemas

Salah satu aspek kecemasan yang terburuk adalah tidak mengetahui awal Anda merasa gugup. Bahkan bisa saja Anda merasa cemas tanpa alasan saat berbaring di pantai yang indah dengan ombak laut yang riuh.

Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengeksplorasi perasaan Anda. Studi menunjukkan bahwa menyimpan tulisan sebenarnya adalah cara yang bagus untuk mengatasi perasaan khawatir dan dapat membantu mengurangi stres.

Baca Juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?

4. Gunakan wewangian

Lavender terkenal karena sifatnya yang menenangkan. Oleh karenanya, simpanlah sebotol kecil minyak lavender kemana pun Anda pergi dan saat merasakan kecemasan oleskan ke tangan dan rasakan aromanya.

5. Bicaralah dengan seseorang

Jika perasaan cemas membuat Anda sulit berfikir jernih maka Anda harus berbicara dengan seorang yang profesional dalam kesehatan. Tetapi berbicara dengan teman juga bisa membantu.

6. Temukan kata penyemangat

Coba untuk menyusun kata positif yang bisa Anda jadikan mantra setiap hari untuk membantu mengelola suasana hati. Anda bisa mengatakan pada diri sendiri, "perasaan ini hanya sementara." Dan ini akan membantu Anda merasa tenang, terutama jika sedang berada di ambang serangan panik.

7. Jalan kaki ke luar rumah

Terkadang, ketika Anda mengalami kecemasan, itu karena penumpukan adrenalin. Olahraga, bahkan jika itu hanya berjalan dapat membantu menggunakan adrenalin ekstra.

Berjalan di udara segar juga dapat meningkatkan kesehatan Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki di area hutan telah menurunkan produksi hormon stres daripada ketika mereka tetap di kota.

8. Minum air putih

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi tidak minum cukup air dapat membuat gejala kecemasan Anda memburuk. Ini dapat menyebabkan perasaan panik, yang dapat memicu serangan kecemasan. Luangkan waktu sejenak untuk bersantai dan minum segelas besar air dan lihat apakah Anda merasa lebih baik.

9. Memiliki waktu sendiri

Memiliki waktu sendirian sangat penting dan itu membantu Anda mengisi ulang baterai tubuh dan bersantai. Jika Anda merasa cemas, temukan alasan untuk menyendiri. Anda bisa berjalan-jalan ke toko untuk membeli bahan makanan, pergi ke gym, atau membersihkan kamar mandi.

 

10. Matikan telepon Anda

Terus-menerus terhubung dengan orang sekitar bisa membuat Anda semakin stress. Oleh karena itu jangan takut untuk mematikan ponsel Anda sesekali. Gunakan itu sebagai kesempatan untuk melatih kesadaran atau tuliskan mengapa Anda merasa cemas.

 

11. Mandi

Mandi air hangat dengan sabun aroma sangat bagus untuk merilekskan otot-otot, yang juga dapat membantu menenangkan pikiran.

12. Makan sesuatu

Gula darah rendah dapat membuat Anda merasa gugup, mudah tersinggung, dan cemas. Cobalah makan sesuatu yang mudah dicerna seperti pisang. Lalu, ikuti dengan makan seimbang dengan protein, karbohidrat, dan sayuran.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini