nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Praktis Kontrol Insulin bagi Penderita Diabetes, Makanlah 5 Sayuran Ini

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 03:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 14 481 1910482 cara-praktis-kontrol-insulin-bagi-penderita-diabetes-makanlah-5-sayuran-ini-tLAbvJ2IvJ.jpg Ilustrasi Diabetes. (Foto: Cleveandclinic)

PARA Penderita diabetes memang harus menjaga pola makan mereka agar tidak mengalami gangguan insulin. Salah satu yang diwajibkan ialah makan banyak jenis sayuran, supaya gula darah dalam tubuhnya terkontrol dengan baik.

Mengingat saat Lebaran, pasti semua orang sulit menahan godaan untuk makan hidangan masakan bersantan dan tak tahan ingin minum manis berlebihan. Tapi bagi penderita diabetes, Anda disarankan untuk mengatur pola makan supaya tidak menerima risiko buruk.

Sebab, diabetes biasanya dikaitkan dengan dampak risiko, seperti obesitas hingga penyakit jantung. Karenanya, Anda harus berhati-hati supaya tidak mengalami risiko tersebut. Untuk itu, Anda harus tahu beberapa jenis sayuran yang dianggap dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Simak ulasannya berikut ini, dilansir NDTV.

Baca Juga: Gadis Asia Cantik Bertato Viral di Internet, Siapa Dia Sebenarnya?

1. Pare

Meski pahit sekali rasanya, pare mengandung antioksidan yang bermanfaat. Tanaman jenis labu ini mengandung zat aktif yang disebut charantin. Fungsinya untuk menekan glukosa darah dan insulin. Maka itu, coba konsumsi labu pahit ini dengan rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Bayam

Bayam merupakan sumber folat, serat makanan, vitamin A, B, C, E dan serat. Pastinya nutrisi tersebut mudah dicerna oleh tubuh, sehingga tak mempengaruhi kadar gula. Di samping itu, bayam juga Kaya folat yang baik dikonsumsi ibu hamil juga si penderita diabetes.

Baca Juga: Jangan Biasakan Minum Teh di Pagi Hari, Ini 5 Bahayanya

3. Kembang kol

Kembang kol adalah sumber protein, magnesium, fosfor, kalium dan mangan. Juga, sayuran ini memiliki kandungan serat yang menguntungkan untuk pencernaan. Anda disarankan untuk makan kembang kol dengan cara dikukus agar nutrisinya tidak hilang.

 

4. Brokoli

Sayur brokoli memiliki indeks glikemik rendah, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pada tahun 2008, tim peneliti menemukan bahwa sulforaphanes di brokoli melindungi terhadap jenis kerusakan sel. Di lain laboratorium penelitian, para peneliti di University of Gothenburg di Swedia menemukan bahwa sulforaphanes mengurangi produksi glukosa dalam sel-sel hati. Maka tak heran jika sayuran ini dipercaya untuk menjaga kadar gula darah para penderita diabetes yang aman.

5. Asparagus

Asparagus digunakan secara luas dalam olahan masakan China dan Italia. Beruntungnya, penderita diabetes masih menikmati hidangan sup asparagus yang gurih menggoda. Sayuran ini mengandung rendah kalori, yang fungsinya juga menjaga insulin dalam tubuh agar tetap stabil.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini