nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selamat Idul Fitri! Ini 4 Kebiasaan yang Pasti Dilakukan di Hari Raya

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 13:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 15 196 1910636 selamat-idul-fitri-ini-4-kebiasaan-yang-pasti-dilakukan-di-hari-raya-ak9qIS4XnG.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMAT Hari Raya Idul Fitri! Nah, di hari yang fitri ini, masyarakat yang berkunjung ke rumah sanak saudara maupun kerabat untuk bersilaturahmi. Tradisi tersebut sudah melekat sejak lama dan menjadi kebiasaan yang terjadi di bulan Ramadan.

Di samping itu, saat Idul Fitri tiba jadi ajangnya para keluarga untuk berkumpul dan saling bermaaf-maafan. Di saat inilah seseorang saling mempererat tali silaturahim dengan orang-orang terdekat. Belum lagi ada tradisi lain yang dilakukan untuk merayakan momen ini supaya jadi lebih hangat.

Psikolog Sani Budiantini mengatakan, Lebaran banyak maknanya yang dilupakan umat Muslim. Sejak dulu hingga sekarang, tradisinya sama dan sangat menarik. Dia pun membeberkan lima tradisi yang tak pernah dilewatkan umat Muslim saat Lebaran. Berikut ulasannya, dirangkum Okezone.

Baca Juga: 6 Mahluk Mistis Ini Pernah Hidup di Bumi, Apa Saja?

 

1. Salat Id

Lebaran tiba, diiringi dengan takbir berkumandang. Hati pun tenang dan rasanya jiwa kembali suci. Semua umat Muslim bersiap di pagi hari berbondong-bondong untuk salat Id di tanah lapang. Momen ini paling penting dan harus diraih oleh umat Muslim selepas berpuasa sebulan penuh. Salat Id pun khusyuk dan damai di hati. Anda pasti menantikan tiba waktunya salat Id dengan mengajak serta keluarga dan anak-anak sekalian.

2. Bersalam-salaman

Usai salat Id digelar, semua umat Muslim saling bersalaman untuk memaafkan satu sama lain. Momen ini dilakukan di Hari Kemenangan tiba. Semua orang saling maaf-maafan agar suci dari segala dosa dan seperti terlahir kembali. Tradisi ini juga harus diajarkan kepada anak-anak supaya mereka memaknai dengan jelas apa itu Lebaran dan saling memaafkan.

Baca Juga: Jangan Biasakan Minum Teh di Pagi Hari, Ini 5 Bahayanya

3. Makan ketupat

Di samping bersalam-salaman, tradisi makan ketupat juga tak ditinggalkan umat Muslim. Ini sebagai bentuk perayaan kecil dari momen Idul Fitri yang datang setahun sekali. Makan ketupat biasa dipadukan dengan opor ayam lezat, lalu makan buah segar sebagai pencuci mulut. Setiap datang ke rumah anggota keluarga dekat, Anda juga disuguhi makanan ini terus-menerus saat perayaan Hari Kemenangan tiba.

4. Bagi THR untuk anak kecil

Berbagi juga salah satu tradisi yang tak dilewatkan umat Muslim saat merayakan Idul Fitri. Biasanya anak-anak kecil berbaris untuk mendapatkan uang THR dari om, tante, pakde, bude, kakek hingga nenek. Mereka pasti suka dan menantikan momen ini. Terlebih jika mereka berhasil puasa penuh selama satu bulan, ada hadiah yang akan didapatkan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini