nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Ini Sempat Tertangkap Kamera Pernah Tawaf Sambil Berenang di Mekkah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 18:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 15 196 1910702 pria-ini-sempat-tertangkap-kamera-pernah-tawaf-sambil-berenang-di-mekkah-giD2icBMbZ.jpg Tawaf Berenang di Mekkah (Foto: Alarabiya)

NAMA Ali al Awadhi menjadi terkenal karena Kabah. Pria asal Bahrain itu diketahui tertangkap kamera tengah mengelilingi Kabah atau melakukan prosesi tawaf dengan cara berenang pada 1941. Sebagai informasi, pada saat itu sekeliling Kakbah dilanda banjir bandang.

Foto berusia 77 tahun itu memperlihatkan al Awadhi tengah berada di air setinggi kurang lebih 1,5 meter (m). Ia tidak sendirian karena saudara dan seorang temannya terlihat duduk di pintu kuburan Nabi Ibrahim AS tersebut di sebelah belakang.

Melansir dari Al Arabiya, Jumat (15/6/2018), dalam sebuah wawancara Al Awadhi mengaku dirinya saat itu berusia 12 tahun dan sedang menempuh pendidikan di Kota Suci Makkah. Saat itu, Makkah diguyur hujan lebat nonstop selama satu pekan penuh.

Al Awadhi pergi ke Makkah bersama seorang kakak, dua orang teman, dan gurunya. Mereka sempat kaget saat mengetahui situs suci umat Islam itu digenangi air bah. Al Awadhi, yang senang berenang, akhirnya melakukan prosesi tawaf dengan berenang mengeliling Kabah. Sebagai informasi, Ali al Awadhi sudah meninggal dunia pada 2015.

Ternyata, Ali al Awadhi bukan lah orang pertama yang melakukan tawaf dengan berenang di sekitar Kabah. Sebagaimana tertulis dalam buku biografi Nabi Muhammad SAW, orang pertama yang melakukan prosesi tawaf dengan berenang adalah sahabatnya, Abd Allah al Zubayr. Orang lain yang pernah melakukannya bernama Badr al Din bin Jama’a.

Tawaf dengan cara berenang adalah cara beribadah yang sangat jarang dilakukan. Makkah memang beberapa kali dihantam banjir bandang. Akan tetapi, menurut para ahli sejarah, ketinggian genangan air tidak cukup untuk berenang. Namun, ada dua kali peristiwa di mana genangan air di Makkah, khususnya Kakbah cukup tinggi, yakni pada era awal berkembangnya Islam dan 77 tahun lalu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini