nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur, Jangan Dirapel di Akhir Pekan

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 16 Juni 2018 02:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 15 196 1910729 8-cara-tingkatkan-kualitas-tidur-jangan-dirapel-di-akhir-pekan-DlppCg1FB1.jpg Ilustrasi Tidur. (Foto: Businesswire)

KURANG tidur sering dikaitkan dengan masalah kesehatan. Tapi ternyata, kebanyakan tidur juga tidak baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan jika terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, peningkatan kadar kolesterol dan gula darah, serta lemak tambahan di sekitar area pinggang.

Banyak ahli yang menyarankan bila idealnya orang tidur 6-8 jam per hari. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn State menyatakan bila orang seharusnya tidur selama 8,5 jam. Mengapa demikian? Sebab tidur yang sehat sebenarnya hanya menghabiskan 90% dari waktu tidur sehingga membutuhkan ekstra 30 menit.

Selain itu, "balas dendam" tidur di akhir pekan tidak disarankan oleh peneliti karena tidak ideal. "Itu seperti ikan dan fenomena akuarium. Ikan tidak tahu bahwa dia ada di fishbowl, karena dia hanya tahu berada di dalam air," ungkap salah seorang peneliti, Daniel Gartenberg seperti yang dikutip dari News.

Baca Juga: Ingin Miliki Gaun Resepsi Pernikahan Meghan Markle? Siapkan Saja Uang Rp65 Juta

Ketika seseorang kurang tidur dan mencoba tidur lebih lama di akhir pekan, dia tetap mengalami yang namanya kurang tidur, sebab hal itu berkaitan dengan stres di lingkungan dan kebutuhan eksternal tubuh untuk bekerja sepanjang waktu.

Terlebih lagi, tubuh sudah merekam pola tidur alami sehingga seseorang akan tetap terbangun seperti biasa meskipun ia berencana tidur lebih lama.

Baca Juga: Kompaknya Busana Lebaran Para Artis, dari Motif Polkadot hingga Putih Polos

Untuk meningkatkan kualitas tidur, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Tidur 20 menit lebih awal dari jadwal tidur

2. Menyiapkan otak untuk tertidur. Caranya biarkan tubuh untuk rileks paling tidak 90 menit sebelum tidur. Mandi air panas dan melepaskan diri dari ponsel bisa menjadi pilihan.

3. Belajar meditasi untuk melatih pola tidur baru yang lebih baik.

4. Jaga kamar tidur hanya untuk tidur sehingga tidak ada acara TV atau kegiatan membaca.

5. Menghindari kafein, alkohol, dan rokok sebelum tidur.

6. Lebih aktif di siang hari.

7. Menciptakan lingkungan tidur yang sempurna dengan membuat suhu kamar tetap sejuk.

8. Minum minuman hangat seperti susu atau teh camomile.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini