nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tips Berkemas yang Baik dan Benar saat Hadapi Mudik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 03:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 15 406 1910575 7-tips-berkemas-yang-baik-dan-benar-saat-hadapi-mudik-FdV8zdfpxt.jpg Koper untuk Mudik (Foto: Refinery29)

LIBUR Lebaran telah tiba, sebagian besar masyarakat sudah pulang ke kampung halamannya masing-masing. Meski demikian masih ada sebagian dari mereka yang memilih untuk berangkat mudik mendekati hari Lebaran.

Tentunya masyarakat yang mudik akan membawa berbagai macam barang dengan jumlah yang banyak sebagai oleh-oleh di kampung halaman. Mereka yang pergi menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api maupun bisa tentu akan kesulitan dalam membawa barang bawaan Anda.

Menyadur dari Refinery29, Jumat (15/6/2018), Okezone akan membahas mengenai tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk mengemas barang bawaan Anda.

1. Gunakanlah tas berbentuk kubus/koper

Menggunakan tas berbentuk kubus akan menghemat ruang. Tidak hanya bisa mengemas barang lebih banyak, namun barang-barang pun akan lebih terorganisir yang akan membuat lebih sedikit waktu untuk mencari barang di dalam tas.

2. Jangan bawa lebih dari dua pasang sepatu

Membawa sepatu akan menghisap ruang kosong yang ada dalam tas Anda. Oleh sebab itu ada baiknya tidak membawa banyak sepatu agar mudik Anda tidak merepotkan.

3. Selalu bawa makanan ringan

Salah satu yang harus diperhatikan adalah membawa makanan ringan saat bepergian. Anda wajib menyimpan kudapan favorit Anda di dalam tas, hal itu berfungsi untuk menahan lapar dalam perjalanan, hingga Anda menemukan makanan berat yang bisa dimakan.

4. Gunakan baju yang sederhana

Kurangi penggunaan pakaian dan aksesori dengan membuat pilihan yang tepat untuk dikenakan oleh Anda. Simpanlah 2-3 pakaian dengan warna yang berbeda. Dianjurkan membawa pakaian yang bisa bertransisi pada siang dan malam supaya Anda bisa menggunakannya setiap saat.

5. Kemas perlengkapan mandi Anda

Tidak ada salahnya untuk mengemas perlengkapan mandi favorit Anda ketimbang harus membelinya di tempat tujuan. Gunakanlah tas yang berukuran kecil untuk menyimpan peralatan mandi anda. Tas yang lebih kecil tentunya akan memakan lebih sedikit ruang.

6.Mengemas secara terpisah barang yang sering dikeluarkan

Mudik dengan kendaraan umum tentu akan kurang nyaman karena sempit dan berdesakan dengan penumpang lain. Ada baiknya Anda mulai memisahkan barang yang kerap Anda keluarkan saat bepergian, misalnya dompet, headphone dan handphone. Dengan hal ini mobilitas Anda tetap tidak akan terganggu.

7.Jangan khawatir bila barang Anda tertinggal

Tidak perlu khawatir jika Anda meninggalkan barang penting Anda. Kunci utama berkemas adalah persiapan dan buklah stres. Jika Anda lupa untuk membawa sesuatu, kamu bisa mencarinya di tempat tujuanmu. Bila memungkinkan, anda bisa bertahan hidup tanpa barang tersebut untuk waktu yang singkat.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini