nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Mau Cepat Gemuk? Hindari 6 Makanan Ini kalau Belanja di Supermarket

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 18:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 15 481 1910700 tak-mau-cepat-gemuk-hindari-6-makanan-ini-kalau-belanja-di-supermarket-y9YPcBmyKm.jpg Ilustrasi Supermarket. (Foto: Reuters)

BERAPA banyak di antara Anda yang menghitung jumlah asupan kalori setiap hari? Bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan atau sangat memerhatikan masalah berat badan, tentu hal itu tidak asing lagi. Menghitung jumlah kalori memang berkaitan erat dengan mengendalikan berat badan.

Tubuh memerlukan kalori sebagai bahan bakar energi. Namun, apabila jumlah kalori yang diasup lebih banyak dari yang dibutuhkan, maka akan tersimpan menjadi lemak. Pada gilirannya kondisi itu akan membuat berat badan bertambah.

Bagi Anda yang malas menghitung kalori, ada cara mudah yang bisa dilakukan yaitu pemilihan bahan makanan di supermarket. Melansir News, ada beberapa bahan makanan yang harus dihindari untuk dibeli ketika belanja di supermarket, karena bahan-bahan tersebut mengandung kalori berlebih.

Baca Juga: Silaturahmi dan Bertemu Calon Mertua? Simak Dulu Tips Make-Up dari Bubah Alfian

 (Foto: istock)

Roti dengan irisan ekstra besar

Banyak orang yang senang mengawali hari dengan sarapan roti. Namun tahukah Anda, semakin besar irisan roti maka semakin besar jumlah karbohidrat dan kalori yang masuk ke tubuh.

Crackers dan biskuit

Di supermarket dijual berbagai macam crackers dan biskuit beras yang diklaim mengandung lebih banyak karbohidrat daripada dua potong roti. Maka dari itu, dibanding memilih crackers atau biskuit, lebih baik Anda memilih wafer tipis yang mengandung setengah kalori dan karbohidrat.

Baca Juga: Pusing Ditanya Kapan Nikah? Coba Jawab dengan 6 Ungkapan Ini, si Penanya Pasti Bakal Menyesal

 

(Foto: Reuters)

Sosis

Ini adalah salah satu jenis bahan makanan yang banyak dibeli di supermarket. Di sana tersedia sosis dengan berbagai ukuran. Beberapa orang mungkin akan memilih membeli sosis berukuran besar karena lebih nikmat dan mungkin lebih murah dibandingkan sosis ekstra ramping. Padahal, meskipun harga sosis yang lebih ramping sedikit lebih mahal, bahan tersebut mengandung lebih banyak daging dan lebih sedikit lemak.

Es krim

Tak sedikit orang yang membeli es krim kotakan untuk dijadikan dessert makanan. Namun sekotak es krim klasik mengandung jumlah kalori yang tinggi. Tapi jangan khawatir, bila Anda tetap ingin makan es krim pilihlah yang berbasis buah atau sorbet karena kandungan kalorinya lebih sedikit.

Saus

Jumlah kalori berlebih bisa datang dari mana saja termasuk saus. Entah itu saus sambal maupun mayonaise. Maka perhatikan baik-baik informasi kandungan kalori yang tertera pada kemasan sebelum membeli saus.

Yoghurt buah

Makanan yang satu ini memang tergolong menyehatkan. Tapi jangan salah, ada jenis yoghurt tertentu yang memiliki lebih banyak gula dan lemak serta hanya mengandung sedikit protein. Jadi pastikan Anda tidak salah pilih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini