nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mumpung Pembantu Mudik, Yuk Ajari Anak Anda Bersih-Bersih Rumah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 17 Juni 2018 08:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 16 196 1910953 mumpung-pembantu-mudik-yuk-ajari-anak-anda-bersih-bersih-rumah-JJRay5iUqq.jpg Ilustrasi. (Foto: Thaicleaningservice)

SALAH satu problem yang mendera keluarga ketika libur Lebaran tiba adalah ketiadaan pembantu rumah tangga yang mudik. Mau tidak mau, semua anggota keluarga harus dilibatkan untuk membersihkan rumah sehari-hari.

Mengutip kata pepatah, ‘Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul’. Masa libur Lebaran ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak bagaimana membersihkan rumah, mumpung si mbak lagi mudik. Berikut tips mengajak anak membersihkan rumah, dinukil dari Washington Post.

1. Tegakkan aturan

Anda perlu menyusun peraturan dan menegakkannya pada anak-anak. Aturan tersebut penting agar setidaknya mereka disiplin dalam menaruh barang sehingga rumah tidak terlihat berantakan.

Baca Juga: Pria Ini Sempat Tertangkap Kamera Pernah Tawaf Sambil Berenang di Mekkah

(Foto: Shutterstock)

2. Buat aktivitas bersih-bersih lebih mengasyikkan

Alih-alih memerintahkan mereka untuk bersih-bersih, Anda bisa mengucapkan sesuatu yang lebih bersifat mengajak, tetapi jangan lupa mengatur targetnya. Misalnya, Anda bisa mengajak si kecil membereskan mainan atau kamar tidur dalam waktu kurang dari 30 menit dan siapkan hadiah jika target tercapai.

3. Tunjukkan wajah riang gembira

Membersihkan rumah terkadang menjadi pekerjaan yang merepotkan. Tapi, Anda tidak boleh menunjukkan raut wajah cemberut atau mengeluh. Sebab, anak bisa mencontoh apa yang Anda lakukan. Coba tunjukkan wajah dan suasana hati yang riang gembira agar si kecil makin bersemangat.

 

4. Hindari bentuk kata perintah

Sebisa mungkin hindari kata-kata atau kalimat bernada memerintah, seperti ‘Ibu/Ayah mau kamu bla bla’. Berbicara dengan sedikit nada percaya diri dan bersifat mengajak, agar anak lebih tertarik bukan terpaksa.

Baca Juga: Puaskan Istri dengan 5 Cara Ini, Jangan Sampai Ejakulasi Duluan!

(Foto: Shutterstock)

5. Tetapkan tugas bertahap

Anda bisa mulai mengajarkan bersih-bersih dengan tugas yang simpel seperti merapikan tempat tidur, beranjak sedikit ke kamar tidur. Setelahnya bisa dengan menyapu kamar, membuang sampah, dan mengelap kaca jendela.

Satu yang harus Anda ingat adalah semakin dibiasakan bersih-bersih, gaya hidup anak akan berubah perlahan-lahan. Selain mengajarkan hidup bersih, Anda secara tidak langsung juga mengajarkan mereka rasa bertanggung jawab dan memiliki terhadap tempat tinggal.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini