nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Solo Traveling saat Libur Lebaran, Ini 7 Rahasianya

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 17 Juni 2018 00:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 16 406 1910951 solo-traveling-saat-libur-lebaran-ini-7-rahasianya-ZFOr1G5HTo.jpg Solo Travelling. (Foto: Toughtcatalog)

KAMU sedang ingin pergi tapi tidak punya teman? Jangan ragu traveling sendirian ke sebuah kota atau negara lain. Percayalah, liburan sendirian sangat nyaman dan kamu tak perlu ribet menentukan objek wisata mana saja yang bakal didatangi.

Sayangnya, pergi melancong sendirian membuat sebagian orang takut. Apalagi kalau mendatangi negara yang asing, karena berbeda budaya dan bahasa.

Kini kamu tak perlu khawatir dan merasa terancam saat menghabiskan waktu liburan sendirian. Banyak cara seru yang bisa kamu lakukan agar momen ini tidak terganggu. Dilansir Huffingtonpost, berikut adalah 7 tips yang wajib kamu lakukan saat melakukan solo traveling. Simak ulasannya dan persiapkan semua.

Baca Juga: Intip Yuk Momen Idul Fitri Pertama Kali Selebriti dengan Pasangannya

1. Orang terdekatmu harus tahu destinasi liburan yang dikunjungi

Ketika berlibur sendirian jangan menutup Komunikasi dengan orang terdekat. Misalnya ibu, ayah, kakak, sahabat atau pacar sekalipun. Pastikan mereka tahu destinasi liburan yang kamu datangi. Beri tahu kabarmu meski tengah menghabiskan waktu sendirian di negara orang.

2. Tinggalkan kontak keluarga di tempat penginapan atau di beberapa barang bawaan

Ketika reservasi kamar penginapan, berikan kontak keluarga dekatmu. Ketika terjadi sesuatu, mereka pasti mudah memberi tahu. Jangan lupa juga tempelkan nomor telefon ibu atau ayah di beberapa barang bawaan. Ini juga mempermudah orang di sekitarmu menghubungi keluarga saat terjadi masalah, sebagai langkah antisipasi.

3. Membuat salinan dokumen penting

Bepergian kemanapun Anda harus membawa identitas penting, seperti KTP, SIM dan paspor atau visa. Buat salinannya dalam bentuk soft copy. Simpan di dalam email atau fotokopi masing-masing kartu identitas tersebut. Hal ini banyak sekali fungsinya, terutama saat kamu jauh dari keluarga.

Baca Juga: Puaskan Istri dengan 5 Cara Ini, Jangan Sampai Ejakulasi Duluan!


4. Tidak menarik banyak perhatian

Ketika pergi liburan sendiri, pastikan membawa barang bawaan yang tidak terlalu banyak. Jangan memakai perhiasan, membawa gawai atau kamera mencolok. Amankan semua barang bawaanmu dalam satu tas yang dinilai aman.

Pakailah tas menghadap ke depan. Soal berpakaian gunakan busana kasual yang terkesan santai. Kalau bisa jangan tunjukkan kamu adalah seorang pelancong asing.

5. Cari teman baru

Selama melancong sendirian pasti kamu mendapatkan teman baru yang asyik dijadikan partner liburan. Tapi hati-hati saat memilih teman baru karena tidak semua bersikap baik. Pastikan teman barumu itu bersikap sopan dan enak diajak ngobrol. Kalau perlu kamu tukar kontak agar mudah menghubunginya.

6. Percaya dengan feeling

Saat menghabiskan waktu solo traveling jangan ragu, ikuti feeling kemanapun pergi. Biasanya jika orang ragu akan mendapatkan satu masalah yang mengganggu. Selalu berpikir positif karena saat pergi liburan kamu akan mendapat pengalaman baru, cerita baru, berhadapan dengan lingkungan baru dan teman baru.

 

7. Ingatlah untuk bersenang-senang!

Jangan terlalu khawatir tentang solo traveling yang mungkin membuatmu bosan. Ambil kesempatan ini jadi bertemu dengan hal baru. Kamu tidak sendirian berada di 'rumah' orang karena banyak kejadian yang membuka wawasanmu agar lebih positif ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini