nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Mau Cepat Depresi? Jauhkan Ponsel dan Charger-an saat Tidur

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 16 Juni 2018 18:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 16 481 1910873 tak-mau-cepat-depresi-jauhkan-ponsel-dan-charger-an-saat-tidur-OUtEQFXvXR.jpg Ilustrasi Tidur. (Foto: TimesofIndia)

SELAMA ini sudah sering beredar fakta jikalau tidak disarankan mengecas ponsel selagi tidur. Sebab hal itu dapat membuat baterai dan sistem ponsel mengalami kerusakan. Bahkan para ahli tidak merekomendasikan pengisian baterai hingga 100% secara terus-menerus karena dapat memperpendek umur baterai.

Sementara itu, tidak disarankan untuk mengecas di atas tempat tidur atau di bawah bantal. Alasannya karena saat dicas, baterai ponsel bisa menjadi sangat panas sehingga bisa membakar benda-benda di sekitarnya. Ponsel yang diletakkan di atas benda yang mudah terbakar tentu dapat menimbulkan risiko kebakaran besar.

Namun lebih dari itu, mengecas ponsel di tempat tidur ternyata bisa berdampak buruk bagi sistem saraf. Melansir Mirror, seorang bernama David Gale dari perusahaan eko-arsitektur, menyatakan bila sistem saraf beroperasi pada tegangan listrik yang sangat rendah.

Baca Juga: Doyan Makan Almond? Selamat, Anda Pasti Dijauhi Penyakit Jantung Koroner

(Foto: Reuters)

"Otak kita menggunakan listrik untuk mengirim pesan ke otot-otot tubuh. Bagi beberapa orang arus bolak-balik buatan manusia yang ada di rumah dapat mengganggu proses tersebut," ucapnya.

Beberapa di antara Anda mungkin pernah mengalami kesulitan untuk memejamkan mata bila tidur dekat dengan colokan. Berdasarkan penjelasan tersebut, kini semuanya menjadi jelas. Ada baiknya tidak usah mengecas ponsel dekat dengan tempat tidur di malam hari agar dapat menikmati tidur malam yang nyenyak.

Malah sebaiknya hindari bermain ponsel sebelum tidur. Sebab ponsel memancarkan cahaya buatan yang membuat otak menghasilkan sedikit melatonin yaitu bahan kimia yang membantu dan mengatur siklus tidur. Dengan begitu mata menjadi sulit terpejam. Cahaya dari ponsel juga dapat membuat mata menjadi kering dan penglihatan kabur.

Baca Juga: 5 Gaya Artis Bollywood yang Bisa Jadi Inspirasi Busana Lebaran

Sebuah studi lain mengatakan bermain ponsel sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur sehingga membuat seseorang tetap merasa kelelahan. Selain itu, sebuah penelitian dari Universitas Baylor menyatakan orang yang sering menggunakan ponsel lebih rentan mengalami kemurungan, perilaku temperamental dan bahkan depresi.

Masalah kesehatan lainnya menyangkut sinar radiasi dari ponsel ke otak. Beberapa ahli mengatakan bila sinar radiasi bisa menyebabkan kanker otak meskipun masih belum jelas hingga kini.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini