nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Hijab Seharian, Ini 7 Trik Biar Rambut Tak Lepek

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 17 Juni 2018 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 17 196 1911054 pakai-hijab-seharian-ini-7-trik-biar-rambut-tak-lepek-3SxTuKl29i.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAGI kalian yang menggunakan hijab, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah rambut apek. Apalagi usai seharian bepergian, yang membuatmu harus mengenakan hijab dalam waktu yang sangat lama.

Pasalnya, hijab benar-benar menutupi kepala dan membuat rambut sukar bernapas. Akibatnya, rambutmu tidak terpapar sinar matahari dan udara bebas, dan ini sangat buruk untuk kesehatannya.

Karenanya, kamu harus pintar merawat rambut yang jadi mahkota setiap wanita. Jika tidak, bukan tidak mungkin rambut kamu diserang banyak masalah seperti kerontokan rambut, kusam, kering, dan sebagainya.

Agar tidak penasaran dengan cara merawat rambut dari bau apek, simak ulasannya berikut ini. Perhatikan sejenak, seperti dilansir Fustany.

Baca Juga: Pria Ini Sempat Tertangkap Kamera Pernah Tawaf Sambil Berenang di Mekkah

1. Pastikan untuk tidak mengenakan hijab terlalu rapat

Saat mengenakan hijab beri sedikit ruang agar kulit kepala bebas bernapas. Hindari penggunaan hijab terlalu rapat, yang akhirnya sebabkan kerontokan rambut, timbul rasa gatal dan ketombe.

2. Pilih bahan yang menyerap keringat

Selalu pilih bahan hijab yang terbuat dari kain alami, seperti katun atau sutra Jika kamu menggunakan hijab yang tidak menyerap keringat, seperti nilon dan poliester, pastikan untuk mengenakan bandana sebagai lapisan pelindung kepala. Kalau tidak, dampaknya sebabkan kerusakan rambut dan bercabang.

3. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Menguncir rambut dengan kuat bisa menyebabkan rambut rontok. Karenanya, pastikan ikat rambutmu dengan longgar, tapi tetap nyaman. Yang perlu diingat jagalah kebersihan rambut dengan mencuci pengikat rambut supaya tidak memicu kuman yang sebabkan rambut gatal.

Baca Juga: Puaskan Istri dengan 5 Cara Ini, Jangan Sampai Ejakulasi Duluan!

4. Sisir rambut dua kali sehari

Keramas dan menyisir rambut penting dilakukan agar tetap rapi dan sehat. Pastikan kamu melakukannya sebanyak dua kali sehari. Keringkan rambut lebih dulu sebelum mengenakan hijab itu kembali. Jangan tutupi kepala dalam kondisi basah karena bisa pengap dan cepat bau apek.

5. Lepas hijab saat di rumah

Ketika Anda tiba di rumah, lebih baik untuk melepaskan jilbab dengan segera. Bebaskan rambutmu dari aksesoris apapun. Cara ini membuat kulit kepala mudah bernapas dan tidak tertutupi karena kondisi terbuka.

6. Jangan langsung pakai hijab habis keramas

Hindari memakai hijab langsung ketika rambutmu masih basah. Kelembapan tersebut mudah menyebabkan ketombe dan memicu rambut rontok. Di sisi lain, pakai hijab saat basah juga mudah bikin rambut bau apek yang mengganggu.

7. Memijat kulit kepala

Cara terbaik untuk menjaga rambut sehat dengan hijab yakni memijat kulit kepala. Cara ini dapat merangsang sirkulasi darah dan mencegah kekeringan. Pastikan untuk memijat kulit kepala Anda dengan gerakan memutar. Gunakan minyak alami setiap hari selama lima menit.

Juga pertimbangkan untuk memberikan perawatan rambut yang efektif, seperti masker rambut sekali seminggu, untuk membantu meremajakan dan memberinya cahaya yang sehat.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini