nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tanda Penyakit Jantung yang Tak Boleh Disepelekan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 17 Juni 2018 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 17 481 1911119 7-tanda-penyakit-jantung-yang-tak-boleh-disepelekan-WQHmnI1Dgs.jpg Penyakit Jantung (Foto: Fable Feed)

PENYAKIT jantung acap disebut sebagai pembunuh diam yang amat mematikan. Tidak jarang, orang yang terlihat sehat nyatanya bisa meninggal dunia akibat serangan atau bahkan henti jantung. Penyakit pada organ vital tersebut juga tidak pandang usia kepada penderitanya.

Namun, selayaknya penyakit pada umumnya, terdapat juga gejala-gejala atau tanda-tanda penyakit jantung. Berikut tanda-tanda yang tidak boleh Anda abaikan karena berpotensi menjadi penyebab penyakit jantung, mengutip dari WebMD, Minggu (17/6/2018).

1. Dada sesak

Rasa sesak dalam dada adalah tanda umum dari penyakit jantung. Jika ada penyumbatan pembuluh darah atau mengalami penyakit jantung, Anda akan merasa sakit atau dada seperti ditekan. Rasa sesak biasanya terasa selama beberapa menit bahkan ketika Anda sedang beristirahat.

2. Sakit pada lengan

Seperti diketahui, jantung terletak di dada sebelah kiri. Tak pelak, ketika ada gangguan, maka bagian tubuh sebelah kiri, termasuk lengan, juga akan merasa sakit.

Direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute, Charles Chambers menuturkan, sejumlah pasiennya mengalami rasa sakit pada lengan yang ternyata berujung pada serangan jantung.

3. Pusing atau kehilangan keseimbangan

 

Banyak hal dapat menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan atau pusing dalam sekejap. Bisa karena kurang minum atau makan, atau berdiri terlalu cepat. Namun, ketika Anda merasa tidak seimbang dan juga rasa sakit di dada pada waktu bersamaan atau napas tersengal-sengal, ada baiknya segera hubungi dokter karena gejala tersebut mengindikasikan penyakit jantung.

4. Sakit pada tenggorokan dan rahang

 Sesungguhnya, sakit pada tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Karena rasa sakit tersebut lebih disebabkan adanya gangguan pada otot, demam, atau sinus. Namun, ketika Anda merasa sakit di bagian tengah dada yang menyebar ke tenggorokan atau rahang, maka itu adalah tanda sakit jantung.

5. Mendengkur

 

Mendengkur saat tidur merupakan hal yang normal. Apabila dengkuran terdengar sangat keras, sedikit terengah-engah, dan sedikit tersedak, bisa saja itu tanda apnea dalam tidur. Tanpa disadari saat itu Anda berhenti bernapas dalam sekejap selama beberapa kali. Hal demikian memberi tekanan tambahan pada jantung sehingga lebih baik segera bertemu dokter.

6. Keringat dingin

 

Keringat dingin tanpa ada alasan yang jelas juga merupakan tanda penyakit hingga serangan jantung. Jika keringat dingin terjadi disertai gejala lainnya, segera hubungi dokter atau pihak medis terdekat. Jangan coba-coba berkendara sendiri karena amat berbahaya.

7. Kaki bengkak

Pembengkakan pada kaki dan engkel bisa menjadi tanda jantung Anda tidak efektif memompa darah sebagaimana mestinya. Ketika jantung tidak memompa dengan cukup cepat, darah akan kembali ke pembuluh dan mengembung.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini