nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelola Uang THR yang Didapatkan Anak saat Lebaran, Buat Apa Saja?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 18 Juni 2018 18:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 18 196 1911274 kelola-uang-thr-yang-didapatkan-anak-saat-lebaran-buat-apa-saja-t4LBQQFfDR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERAYAAN Idul Fitri memang sudah lewat, salah satu yang tersisa dari perayaan tersebut adalah angpao bagi anak-anak dari kakek, nenek, bude atau tantenya.

Saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga dekat, anak-anak selalu diberi salam tempel. Mereka kemudian mengumpulkan pemberian uang tersebut dan rasanya amat bahagia.

Pasti saat kecil dulu, Anda salah satu orang yang menunggu-nunggu momen ini. Tapi sayang, ketika beranjak dewasa hak salam tempel bisa dihapuskan. Justru Anda yang memberi keponakan-keponakan kecil itu.

Nah, saat anak-anak sengaja mengumpulkan uang THR pemberian sanak keluarga, kira-kira diapakan baiknya? Bagaimana mengelolanya supaya tidak sia-sia ya?

Baca Juga: Bingung Ingin Bercinta Tapi di Rumah Banyak Orang, Ini 5 Tips Lakukan Silent Sex

Inilah tugas orangtua yang mengajarkan bahwa mereka harus bisa menyimpan uangnya atau ditabung. Anda juga tidak boleh sembarangan memakai uang tersebut karena alasan apapun.

Psikolog Rosdiana Setyaningrum menjelaskan, sejak dini anak-anak harus diajarkan mengatur keuangan, terutama usai diberi banyak uang THR. Kalaupun ingin dipakai untuk membeli suatu barang, tetap sisakan sedikit untuk keperluan lain.

"Uang THR anak-anak bisa dikelola sebaik mungkin. Ajarkan mereka untuk menyimpan uang dan disedekahkan sebagian," ujar Diana, saat ditemui Okezone.

Terlebih saat anak mulai beranjak dewasa, ajarkan mereka menggunakan uangnya untuk berinvestasi. Misalnya menyimpan uangnya untuk tabungan pendidikan jangka panjang. Ini sangat berguna sekali tentunya. Meskipun sedikit tapi manfaatnya besar kelak.

Baca Juga: Tak Mau Berisik saat Bercinta? Ini 4 Posisi yang Paling Mantap

Jika anak-anak ingin membelanjakan sebagian uangnya berupa barang, lebih baik kontrol. Orangtua tidak boleh sembarangan menuruti keinginan buah hati Anda, apalagi barangnya tidak sangat dibutuhkan. Anda bisa memberikan pengertian soal mengatur keuangan sejak usia 7 tahun. Mereka akan paham dan mau menabung tanpa beralasan.

"Orangtua harus memegang kendali anak, apalagi soal uang. Ini penting karena mereka belum kenal caranya menyimpan uang supaya tak bikin boros," pungkas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini