nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liburan ke Yogyakarta, Jangan Lupa Cicipi 4 Kuliner Legendaris Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 18 Juni 2018 14:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 18 406 1911297 liburan-ke-yogyakarta-jangan-lupa-cicipi-4-kuliner-legendaris-ini-t8Lk0RuPtr.jpg Oseng Mercon Bu Narti (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA kerap dijadikan destinasi libur Lebaran karena menyuguhkan beragam atraksi dan objek wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Mulai dari menyambangi Keraton, mengeliling area Malioboro menggunakan delman, hingga mencicipi berbagai kuliner lezat yang tersebar di setiap penjuru kota.

Nah, jika Lebaran tahun ini Anda memutuskan mudik atau berlibur ke Yogyakarta, berikut Okezone rangkumkan 4 rekomendasi tempat wisata kuliner yang wajib Anda sambangi, sebagaimana dikutip dari buku Pesona Jawa, terbitan Kementerian Pariwisata RI.

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Dinamai demikian karena rasanya yang pedas seperti mercon. Olahan oseng-oseng mercon Bu Narti terdiri dari nasi putih panas yang disajikan bersama oseng-oseng yang terbuat dari kikil, gajih, kulit, tulang muda, serta irisan cabai rawit. Hidangan ini harus disantap selagi hangat. Jika didiamkan terlalu lama, oseng-oseng ini akan membeku akibat kandungan lemaknya yang banyak. Lokasinya di Jl. Akhmad Dahlan, Gang Purwodiningratan.

Gudeg Pawon

 

Gudeg Pawon merupakan gudeg basah yang disajikan dengan kuah santan gurih dan rasanya tidak terlalu manis. Gudeg ini juga dilengkapi sambal krecek, telur, dan ayam kampung. Sesuai dengan namanya, pawon atau dalam bahasa Jawa berarti dapur, tempat makan yang satu ini mengharuskan Anda untuk mengantri di dapur pemiliknya, Prapto Widarso. Lokasinya di Jl. Janturan 36-38, Warungboto.

Soto Sulung Stasiun Tugu

Berdiri sejak 1965, Soto Sulung Stasiun Tugu menawarkan soto daging dan soto daging campur jeroan. Dengan dua kali pengolahan, dagingnya terasa empuk dan jeroannya pun tidak amis dan empuk. Soto ini memiliki kuah pekat dan disajikan dengan potongan telur rebus, perasan jeruk nipis dan sambal. Lokasinya di Area Parkir Selatan Stasiun Tugu.

Nasi Goreng Beringharjo

Beroperasi sejak 1960-an, nasi goreng yang dimasak dengan ayam dan babi ini diolah dengan jumlah besar menggunakan wajan jumbo. Aroma bawang putihnya tak terlalu kuat, dan rasanya pun tidak terlalu asin ataupun manis. Nasi goreng lalu disajikan dengan irisan tomat, kol, daun seledri, telur, dan acar. Lokasinya di Jl. Pabringan 1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini