nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sembarangan Tidur di Ubin, Ini Sederet Penyakit yang Mengintai

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 18 Juni 2018 17:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 18 481 1911336 jangan-sembarangan-tidur-di-ubin-ini-sederet-penyakit-yang-mengintai-Kc72b6WlWe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MOMEN Lebaran memang menjadi momen di mana keluarga besar berkumpul di satu tempat. Biasanya, rumah orangtua atau kakak tertua menjadi tempat persinggahan keluarga besar.

Sayangnya, tidak semua rumah cukup untuk menampung semua keluarga. Terkadang, ada beberapa orang yang harus tidur di lantai karena tempatnya tidak mencukupi. Tapi, yang harus dihindari adalah jangan sampai tidur di lantai tanpa alas.

Tidur di lantai tanpa alas karpet atau kasur tipis memang begitu nikmat untuk tidur sebentar. Apalagi kalau cuaca panas dan ingin mendinginkan badan, biasanya orang langsung tidur di lantai.

Tapi awas jangan terbiasa tidur di lantai setiap hari karena menimbulkan sederet dampak buruk. Terlepas dari efek kedinginan, ada juga beberapa dampak lainnya. Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, berikut adalah lima efek buruk keseringan tidur di lantai yang perlu Anda tahu.

Baca Juga: Selamat Hari Ayah! Ini 6 Hot Daddy Dambaan Para Wanita

1. Masuk Angin

Tidur tanpa alas di lantai bisa membuat orang kedinginan. Dalam 30 menit pertama memang tidak terasa langsung, tapi lama-lama Anda bisa merasa kedinginan dan ujung-ujungnya masuk angin. Sebaiknya jangan lakukan kebiasaan itu terus-menerus supaya tidak berdampak buruk.

2. Bahaya virus flu

Seseorang mudah saja terserang virus influenza kalau keseringan tidur di lantai. Apalagi kalau lantainya jarang disapu dan dipel. Bakteri dan kuman menempel tanpa disadari. Ditambah lagi kalau Anda drop, mudah saja mengalami influenza yang mengganggu aktivitas Anda.

3. Pegal-pegal

Percayalah, tidur di lantai rasanya tidak nikmat seperti di kasur. Kalau Anda terbiasa tidur di lantai, efeknya tidur jadi tidak nyenyak. Ditambah saat bangun tidur badan rasanya pegal-pegal, malahan kepala rasanya pusing. Karena itu, jangan biasakan tidur di lantai meskipun sebentar.

Baca Juga: Menikmati Rangkaian Surga Dunia di Loloda Halmahera Barat saat Libur Lebaran

4. Sakit punggung

Ketika tidur di lantai bagian punggung yang menumpu beban badan. Kalau Anda terlalu lama tidur di lantai, efeknya tidur tidak nikmat dan punggung terasa pegal. Ditambah pinggang jadi sakit, begitu juga dengan leher terasa pegal sekali. Karenanya, hindari tidur di lantai agar tidak mengalami dampak tersebut.

5. Digigit serangga

Serangga ada di mana-mana termasuk di lantai. Apapun jenisnya seperti semut, nyamuk, atau laba-laba yang paling sering. Apalagi kalau lantai jarang dibersihkan bikin tubuh jadi gatal-gatal. Gigitan serangga juga mengganggu kenyamanan Anda yang harus dicegah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini