Hindari Kanker Prostat dengan Makan Tomat, Yuk Cegah Sebelum Terlambat

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Senin 18 Juni 2018 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 18 481 1911367 hindari-kanker-prostat-dengan-makan-tomat-yuk-cegah-sebelum-terlambat-MlHGmZt2hL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KANKER prostat adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh pria. Prostat terjadi ketika Anda memiliki masalah di area sistem reproduksi pria yang menyebabkan sel mulai membelah dan tidak terkendali.

Biasanya, orang yang sudah berusia lanjut lebih berisiko mengalalami kanker prostat. selain itu kelebihan berat badan dan memiliki riwayat keluarga penderita kanker bisa menjadi salah satu hal yang berkontribusi besar mengidap penyakit ini.

Meski demikian, penyakit ini bukan berarti tidak dapat dicegah. Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghindari penyakit yang satu ini. Menyadur dari Express, Senin (18/6/2018), Tomat dinilai menjadi salah satu makanan yang bisa mencegah kanker prostat.

Baca Juga: Puaskan Istri dengan 5 Cara Ini, Jangan Sampai Ejakulasi Duluan!

"Tomat mengandung antioksidan kuat yang disebut lycopene. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat, tetapi satu review menemukan tren yang menunjukkan pria yang makan lebih banyak tomat dan produk berbasis tomat, baik mentah dan dimasak, mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat," kata situs kesehatan Healthline.

Meski demikian, manfaat tomat dapat mencegah kanker prostat telah diperdebatkan sejak beberapa waktu oleh sebagian besar organisasi, termasuk Kanker Prostat Inggris. Mereka mengatakan tomat memiliki dampak pencegahan karena likopen yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Selain Rajin Berhubungan Seks, 4 Cara Ini Bisa Memperpanjang Umur

"Likopen dapat menurunkan kerusakan sel dan memperlambat produksi sel kanker, tapi karena itu terikat erat dengan dinding sel, tubuh kita memiliki waktu yang sulit mengeluarkannya dari tomat mentah," tulis Healthline.

Sebuah penelitian di Inggris, yang diterbitkan pada tahun 2014 oleh jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, menemukan bahwa makan 10 porsi tomat seminggu dapat mengurangi risiko Anda mengalami kanker prostat.

Para peneliti menilai pola makan dan gaya hidup hampir 14.000 pria, menemukan bahwa banyak mengonsumsi tomat dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit hingga 18 persen. Vanessa Er, peneliti utama dan dari University of Bristol mengatakan, “Temuan ini menunjukkan bahwa tomat mungkin penting dalam pencegahan kanker prostat. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi hal ini ”.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Dr Wendy Winnall, yang menulis untuk Yayasan Kanker Prostat Australia, merekomendasikan bahwa pria harus makan banyak tomat.

“Jika mereka adalah bagian dari diet yang kaya buah dan sayuran, yang kita tahu bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan kanker. Masih ada banyak bukti yang mendukung tomat dan likopen dalam pencegahan dan pengobatan kanker prostat, tidak cukup untuk menjadi tak terbantahkan, tetapi cukup bagi gagasan untuk tetap masuk akal," terang Dr Wendy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini