nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ayah, Yuk Hidup Sehat dengan 6 Langkah Ini

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 18 Juni 2018 23:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 18 481 1911423 hari-ayah-yuk-hidup-sehat-dengan-6-langkah-ini-PGGaNZoK1b.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SOSOK ayah adalah panutan sebuah keluarga dan seringkali menjadi tulang punggung keluarga. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit dan menjaga diri dari ancaman penyakit serius.

Sayangnya, masih banyak ayah yang kurang peduli dengan kondisi kesehatannya. Mereka sering makan sembarangan, terbiasa merokok, jam tidur tidak teratur dan sebagainya.

Mumpung momen Hari Ayah Sedunia, Anda bisa mulai memperbaiki kualitas hidup Anda dengan cara berikut, dilansir Boldsky, Senin (18/6/2018).

1. Makan sehat

Menjaga pola makan agar tetap mendapat nutrisi seimbang itu penting. Setiap hari Anda harus menjaga asupan makanan dari buah dan sayuran, sumber protein, karbohidrat, lemak baik, dan sebagainya. Usahakan hindari makan junk food karena begitu 'jahat' efeknya. Anda juga harus terbiasa tidak makan terlambat dan mengatur porsi makan sesuai kebutuhan tubuh.

2. Tidur cukup

Tidur adalah indikator kesehatan mental dan fisik yang baik. Orang dewasa, termasuk laki-laki dewasa harus tidur malam selama 7 jam. Anda juga harus berusaha tidur nyenyak. Untuk mempermudah tidur, hindari makan banyak, minum kopi menjelang tidur, main gadget, menonton televisi, dan kebiasaan lain yang mengganggu jam tidur.

3. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur bisa meningkatkan energi, kekuatan otot Anda, serta menjaga berat badan ideal. Di samping itu, Anda dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga membuatnya menjadi lebih aktif dan responsif. Jika Anda olahraga di pagi hari, dengan mudahnya merilis endorfin yang mendukung kebahagiaan.

4. Check up ke dokter

Setiap tiga bulan sekali, seorang ayah juga diwajibkan untuk konsultasi sekaligus cek kesehatan ke dokter. Anda harus mengontrol tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, kesehatan jantung, dan lain-lain. Hal ini penting dilakukan untuk preventif dari masalah penyakit serius. Apalagi saat usia bertambah tua dan kondisi kesehatan mulai menurun.

5. Kelola stres

Stres banyak pemicunya dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari masalah rumah tangga, pekerjaan, anak, dengan keluarga besar, dan sebagainya. Meski kelihatannya tenang menghadapi masalah tersebut, sosok ayah dapat saja stres. Tentu ini sangat mengganggu kesehatan dan harus benar-benar dikontrol, agar tidak berdampak buruk.

6. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya mempengaruhi kesehatan paru-paru, tapi juga buruk untuk semua organ tubuh. Hal itu disebabkan karena asap terhirup langsung ke dalam aliran darah. Lebih dari 80% kematian akibat kanker paru-paru adalah hasil dari merokok.

Ada juga penyakit lainnya mencakup vaskular stenosis, penyakit paru obstruktif kronik, dan penyakit kardiovaskular. Dalam jangka panjang, merokok juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Jadi merokok tidak ada manfaatnya, sehingga harus dihindari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini