nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bergaya dengan Rambut Kepang, Kim Kardashian Dianggap Merampas Budaya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 19 Juni 2018 20:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 19 194 1911714 bergaya-dengan-rambut-kepang-kim-kardashian-dianggap-merampas-budaya-gIN8YrioTf.jpg Rambut Kepang Kardashian (Foto: Foxnews)

NAMANYA selebriti, pastilah segala gerak-gerik dan penampilannya jadi bahan komentar dari banyak orang. Terlebih lagi sosok selebriti terkenal seperti sekelas Kim Kardashian.

Untuk figur publik setenar Kim Kardashian, apapun yang dilakukan atau sesederhana apapun yang ia kenakan, bisa menimbulkan berbagai komentar. Baik yang bernada positif ataupun negatif.

Seperti contohnya penampilan Kim saat menghadiri acara penghargaan, MTV Movie and TV Awards pada Sabtu 16 Juni 2018 kemarin. Kim kala itu diketahui hadir dengan menata rambutnya bergaya long braids, alias kepang panjang. Tidak hanya berpose saat di karpet merah, Kim bahkan juga sempat mengunggah ulang (Retweet) foto dirinya dengan rambut kepang panjang tersebut di laman akun Twitter pribadinya (@KimKardashian).

Gaya tatanan rambut kepang panjang kecil-kecil yang dipakai Kim ini, sebagaimana dilansir Foxnews, Selasa (19/6/2018) cepat-cepat dikritik sebagai “cultural appropriation” atau dengan kata lain perampasan budaya.

“Aku lelah melihat Kim Kardashian mengenakan gaya rambut kepang, rasanya ia melakukannya seperti sengaja untuk membuat orang berkulit hitam (black people) marah,” bunyi tuit netizen bernama Deijah dengan akun (@deijwilliams).

Soal gaya penampilan rambutnya yang menuai berbagai respon di media sosial ini, sebelumnya juga sudah pernah dialami oleh Kim. Pada 2013, Kim menata rambutnya dengan gaya ‘corn rows’ atau juga biasa disebut ‘box braids’ dan memberikan kredit di media sosialnya gaya rambut khas Afrika ini sebagai gaya ‘Bo Derek’. Di mana aksi Kim ini akhirnya membuat orang-orang cepat menuduh Kim telah merampas budaya orang kulit hitam, sekaligus memberi tahu istri Kanye West tersebut bahwa gaya kepang rambut tersebut adalah kepangan Fulani, bukan kepangan Bo Derek.

Memang, pada akhirnya gaya rambut kepang penampilan terbaru Kim di karpet merah ini tidak hanya mendapatkan respon negatif. Namun ada juga beberapa netizen Twitter yang menyebutkan bahwa Kim terlihat cantik dengan gaya raambut tersebut, ditambah beberapa juga merasa bahwa gaya rambut dikepang atau braids ala Kim itu sejatinya bukanlah sebagai bentuk perampasan budaya.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah tatanan rambut kepang Kim ini sebagai bentuk salah satu perampasan budaya ataukah murni hanya merupakan fashion statement saja?

(ren)

Berita Terkait

Kim Kardashian

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini