Mau Lari saat Cuaca Terik? Nih 5 Tipsnya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 19 Juni 2018 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 19 196 1911645 mau-lari-saat-cuaca-terik-nih-5-tipsnya-5bh5DTDPNb.jpg Ilustrasi. (Foto: Netdoctor)

LEBARAN selesai, berat badan pun bertambah karena asupan makanan tidak terkontrol. Belum lagi malasnya berolahraga selama berpuasa dengan alasan lemas dan tidak ada tenaga. Kini, saatnya kembali mengenakan sepatu lari dan mulai kembali berolahraga.

Namun, kendala pun muncul. Sebab, wilayah Indonesia saat ini dalam musim kemarau dengan suhu udara serta kelembaban yang cukup tinggi. Cuaca panas bisa jadi alasan lain untuk malas berlari. Tenang, berikut tips-tips berguna bagi Anda jika ingin berlari di tengah cuaca panas, dinukil dari Independent.

1. Aklimatisasi dengan panas

Jangan langsung lari ketika cuaca sedang panas-panasnya atau matahari tengah bersinar terik. Duta untuk salah satu produsen sepatu, Dr. Andrew Murray, menyarankan agar Anda memberi waktu untuk membiasakan dengan cuaca panas terlebih dahulu sebelum mulai berlari. Dengan begitu tubuh akan beradaptasi dengan cuaca.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

2. Minum air yang banyak

Air dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi atau terisi cairan yang cukup. Anda bisa mengakalinya dengan minum banyak air sebelum mulai berlari. Dr. Murray menyarankan untuk meminum cairan yang mengandung elektrolit dan karbohidrat untuk meningkatkan energi Anda.

3. Kenakan baju yang nyaman

Pakaian yang dikenakan sangat penting. Terlalu ketat atau terlalu tebal akan mengganggu Anda terutama bila keringat sudah bercucuran. Anda disarankan memakai pakaian yang punya lapisan terdekat dengan kulit yang dibuat dengan menggunakan kain yang lembab untuk mengeluarkan keringat dari tubuh sehingga meminimalkan gesekan. Penting juga untuk mengenakan pakaian dalam dan kaus kaki yang pas serta ergonomis.

4. Tentukan misi dan target

Cuaca panas berarti tenaga Anda akan lebih cepat habis. Ada baiknya mengatur target jarak tempuh atau waktu tempuh lari agar mendapat manfaat yang maksimal. Jangan lupa tentukan misi Anda, apakah ingin bugar, atau ingin segera menurunkan berat badan. Misi sangat penting agar Anda tetap pada jalur yang benar saat berlari dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Bingung Ingin Bercinta Tapi di Rumah Banyak Orang, Ini 5 Tips Lakukan Silent Sex

5. Istirahat yang cukup

Pastikan Anda mendapat istirahat yang cukup setelah berlari di cuaca panas. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium untuk meredakan kram otot dan zinc untuk mempercepat pemulihan serta menguatkan otot. Magnesium bisa didapatkan dari makanan seperti alpukat, kacang, dan salmon. Sedangkan kandungan zinc terdapat pada beberapa jenis biji-bijian seperti labu dan semangka.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini