6 Buah yang Buat Kolesterol Tetap Stabil, Yuk Makan Sebelum Terlambat

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 19 Juni 2018 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 19 481 1911707 6-buah-yang-buat-kolesterol-tetap-stabil-yuk-makan-sebelum-terlambat-er9r75UFgS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT kolesterol merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Pasalnya, kolesterol adalah senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai blok bangunan untuk berbagai hormon seperti testosteron dan estrogen dan untuk membran sel.

Sekira 80% kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh hati, dan sisanya datang melalui makanan seperti, produk susu, susu, telur, daging,dan sebagainya. Sedangkan sayuran tidak memiliki kandungan kolesterol.

Selama ini, cara paling ampuh mengontrol kolesterol adalah dengan gaya hidup sehat sehingga melakukan diet adalah salah satu caranya. Selain itu, untuk mengontrol juga bisa dengan obat yang telah diresepkan dokter Anda.

Jika kadar kolestrol Anda tinggi dan tidak ingin membuatnya meningkat lebih tinggi maka banyak konsumsi makanan sehat, salah satunya buah. Berikut beberapa buah yang harus dikonsumsi untuk menjaga kolesterol terkontrol, seperti dilansir dari boldsky.


Pepaya

Buah ini memiliki kandungan serat yang luar biasa dan nol kolesterol. Ini membantu dalam mengatur kolesterol LDL dan mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, satu pepaya besar (sekitar 750 gram) memiliki sekitar 14 gram serat, yang cukup. Anda bisa memiliki pepaya dalam bentuk mentah, dalam salad, dalam kari atau dalam milkshake.

Apel


Mengonsumsi satu buah apel sehari membuat Anda tidak perlu sering mendatangi dokter untuk masalah kolesterol. Apel penuh dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk kemampuan untuk mengelola kadar kolesterol.

Kadar kolesterol LDL berkurang dengan baik saat mengonsumsi apel secara teratur, karena antioksidan polifenol dan serat pektin pada apel.

Jeruk

Kehadiran hesperidin dalam buah jeruk seperti jeruk, lemon dan anggur, membantu mengurangi hipertensi. Selain itu, serat pektin bersama dengan senyawa limonoid yang ada dalam kandungannya juga menurunkan kolesterol jahat LDL. Makan jeruk secara teratur akan memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kolesterol stabil.

Alpukat

Buah ini sudah sangat populer di kalangan pasien tekanan darah tinggi. Alpukat termasuk lemak tidak jenuh tunggal dan vitamin C, B5, B6, E, dan K, yang membantu menjaga jantung sehat, mengurangi kemungkinan stroke, dan mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL.

Stroberi

Buah berwarna merah satu ini, kaya akan serat pektin. Oleh karenanya, stroberi adalah pilihan yang tepat untuk menurunkan kolesterol LDL.

Anggur

Buah ini mengandung senyawa pterostilbene bersama dengan serat pektin, yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL tinggi serta trigliserida dalam tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini