Kenali Probiotik dan Prebiotik, Bakteri Baik Penjaga Usus

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 04:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 19 481 1911740 kenali-probiotik-dan-prebiotik-bakteri-baik-penjaga-usus-phjprBXXBv.jpg Ilustrasi. (Foto: Drfranklipman)

KESEHATAN usus memang tengah menjadi pembicaraan yang hangat bagi para profesional dan ahli kesehatan. Pasalnya, usus merupakan bagian yang bertanggung jawab untuk menjaga fungsi metabolisme tubuh.

Fungsi usus adalah memecah makanan yang kita konsumsi dan menyerap nutrisi yang mendukung fungsi tubuh kita. Mulai dari produksi energi, keseimbangan hormon, kesehatan kulit dan mental, dan juga racun dalam pembuangan kotoran.

Oleh sebab itu peran usus sangat besar bagi kehidupan. Anda pun perlu mengetahui bagaimana cara merawat dan menjaga usus kita agar selalu sehat sepanjang hari.

Berbicara mengenai usus, istilah prebiotik dan probiotik selalu dikaitkan dengan kesehatan dan kebugaran seseorang. Sebagaimana diketahui, Probiotik adalah bakteri hidup yang melapisi saluran pencernaan dan mendukung kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi dan melindungi terhadap serangan patogen dan penyakit.

Baca Juga: Mampu Curi Perhatian Ratu Inggris, Meghan Dihadiahi Anting Bernilai Fantastis

Seorang Ahli Terapi Nutrisi, Clarissa Lenherr, mengatakan bahwa probiotik merupakan pertahanan terbaik yang dimiliki oleh tubuh Anda. Mereka membantu menyeimbangkan bakteri secara keseluruhan menuju bakteri positif yang baik.

"Mereka terkenal karena kemampuan mereka untuk membantu meningkatkan pencernaan, fungsi kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia dan meningkatkan kesehatan kulit," tegas Clarissa, menyadur dari Red Online.

Bakteri prebiotik sendiri tidak hidup, namun bertindak sebagai makanan bagi bakteri baik dan ramah di usus Anda. Adapun prebiotik, merupakan pupuk bagi bakteri probiotik pada usus. Mereka memberi makan bakteri baik dan membantu usus dalam berkembang dan mengisi.

Baca Juga: Mampu Curi Perhatian Ratu Inggris, Meghan Dihadiahi Anting Bernilai Fantastis

Makanan probiotik cenderung terasa asam dan sering bersoda karena dibiarkan dalam proses fermentasi seperti yoghurt, kimchi, dan masih banyak lainnya. Menurut Clarissa, mengonsumsi prebiotik dan probiotik secara bersamaan akan sangat menguntungkan.

"Prebiotik dan probiotik dapat dikonsumsi pada waktu yang sama untuk saling menguntungkan, dan yang terbaik adalah mencoba dan mengkonsumsi ini setiap hari untuk memetik hasil kesehatan usus. Berikut ini beberapa kombinasi unggulan untuk disertakan dalam diet Anda Yogurt Yunani utuh tanpa gula dengan pisang matang, biji rami dan gandum jumbo," kata Clarissa.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini