Stop Buang-Buang Makanan, Rapikan Kulkas Anda Sekarang!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 20 196 1912043 stop-buang-buang-makanan-rapikan-kulkas-anda-sekarang-lSp7qPi730.jpg Ilustrasi. (Foto: TimesofIndia)

MENYISAKAN makanan seperti menjadi sebuah kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang, baik saat akan di restoran atau di rumah. Menyisakan makanan ini sama saja dengan pemborosan karena membuang-buang makanan, sehingga perlu kiat-kiat penting untuk menghindari itu terjadi.

Paus Fransiskus bahkan pernah berkata, membuang makanan artinya sama seperti mencuri makanan dari meja orang-orang yang lapar dan miskin. Menyisakan makanan di piring memang wajar dan dapat diterima tetapi ketika ini menjadi kebiasaan, ada masalah serius.

Bagi kalian yang ingin memperbaiki kebiasaan membuang-buang makanan maka bisa mengikuti cara mudah ini seperti yang dilansir dari Times Of India.

Baca Juga: Menu Makanan Belanda Jadi Selingan Masakan Lebaran di Keluarga Aubry Beer

(Foto: Shutterstock)

1. Periksa kulkas sebelum Anda berbelanja

Saat Anda hendak pergi berbelanja ke supermarket atau pasar tradisional, maka biasakan untuk mengecek isi kulkas Anda terlebih dahulu. Dengan demikian maka Anda tidak akan sembarang membeli bahan makanan padahal di rumah ada.

Dengan demikian Anda tidak akan membuang-buang makanan. Karena banyak yang tidak sadar akan membeli sesuatu yang sudah ia miliki di rumah.

2. Buat daftar belanja

Sebanyak 70% dari kita pergi berbelanja tanpa membuat daftar barang yang sebenarnya akan di beli. Jika Anda tahu apa yang dibutuhkan dan mencantumkannya dalam daftar tulisan, maka cenderung tidak akan mengeluarkan terlalu banyak uang dan membeli makanan yang tidak dibutuhkan.

Ketika Anda sudah berada di toko cobalah untuk tetap membeli apa yang ada pada daftar dan menghindari godaan membeli yang lainnya karena bisa jadi Anda memilikinya di rumah. Anda mungkin berpikir membutuhkan sesuatu yang lain, tetapi percayalah, jika itu tidak ada dalam daftar, itu tidak perlu di beli.

Baca Juga: Anak Sudah Kecanduan Ponsel? Psikolog Sarankan Lakukan Upaya Ini untuk Memutus Dampak Buruknya!

3. Cintai makanan Anda

Cobalah untuk tetap mencintai dan mengonsumsi makanan sisa saat makan malam semalam. Anda bisa memanaskannya dan membawa ke kantor atau sekolah untuk makan siang. Jika Anda tidak malas atau memiliki waktu yang cukup di pagi harinya, maka dapat menambahkan saus dan bumbu untuk membuatnya menjadi sesuatu yang benar-benar seperti baru di masak.

4. Menyimpan makanan dengan benar

Agar menghemat dan tidak merusak makanan terutama buah-buahan dan sayuran, maka Anda bisa menyimpannya di kulkas. Dengan menyimpannya dengan benar makanan Anda, bisa menambah waktu lama bertahannya hingga dua minggu dibandingkan dengan membiarkannya di luar kulkas, karena akan cepat layu dan mengering.

5. Rapikan area penyimpanan

Ada 90% kemungkinan Anda bisa lupa bahwa telah menyimpan sesuatu di sudut lemari yang terpencil jika tidak dapat melihatnya. Oleh sebab itu, perlu mengatur segala sesuatu yang Anda simpan di lemari dengan baik.

Jika bisa jangan menumpuk barang yang kecil di sudut sehingga jika tertutup dengan barang besar maka akan terlupakan. Atau geserlah barang lama maju ke depan sehingga Anda tahu bahwa itu harus dikonsumsi terlebih dahulu.

6. Pahami label kadaluwarsa

Penting untuk memahami pemasangan label kadaluwarsa pada makanan yang dijual di supermarket. Label ini digunakan untuk mengidentifikasi kualitas makanan, bukan keamanan pangan. Ketika tiba saatnya untuk mengeluarkan makanan, percaya saja pada indra penciuman, penglihatan dan rasa sehingga Anda tidak membuang sesuatu yang benar-benar dapat dimakan.

7. Jangan terlalu banyak rencana

Perencanaan ke depan tentu penting, tetapi yang tidak perlu terlalu berlebihan. Ya, Anda mungkin punya tamu yang akan datang untuk makan malam di malam minggu tetapi jika belum pasti maka tidak perlu memesan makanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini