10 Jenis Teh Unik dari Seluruh Dunia, Kamu Suka yang Mana?

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 20 298 1911960 10-jenis-teh-unik-dari-seluruh-dunia-kamu-suka-yang-mana-uoPq0KH0Rk.jpg Ilustrasi Teh. (Foto: Reuters)

TEH adalah minuman paling populer kedua di dunia setelah air putih, dari disukai hampir oleh semua orang. Minum teh biasanya dilakukan oleh orang pada pagi hari atau malam hari, saat cuaca dingin menyergap tubuh.

Tapi, minum teh ternyata tidak hanya kebiasaan tapi menjadi sebuah tradisi yang dilakukan oleh banyak negara. Banyak ritual-ritual khusus atau bahan tambahan yang dimasukkan dalam penyajian teh mereka.

Berikut adalah daftar 10 tradisi minum teh yang bisa membuat Anda merasa menikmati secangkir teh dari seluruh dunia, seperti dilansir dari Times of India.

Baca Juga: 2 Rekomendasi Resep Olahan Pudding Spesial untuk Hangatkan Suasana Lebaran

(Foto: Shutterstock)

1. Inggris

Ketika teh pertama kali diperkenalkan di Inggris pada pertengahan 1600-an, konsep teh sore tidak ada. Bertahun-tahun kemudian Inggris mulai merayakan sore hari dengan teh, kue, sandwich dan scone. Ketika tradisi ini berkembang, kebun teh diciptakan agar para wanita bisa menikmati teh mereka dengan bunga dan rempah-rempah.

2. Maroko

Jika Anda menyukai teh yang sangat manis, maka Maroko adalah destinasi yang tepat. 'Teh mint Touareg atau Maghrebi' adalah campuran daun mint, daun teh hijau, dan banyak gula. Teh dituangkan dari atas ke gelas tipis. Ini disajikan tiga kali untuk tamu dan setiap kali rasanya sedikit bervariasi. Ingat bahwa menolak minuman teh dianggap kasar di Maroko.

3. Tibet

Orang Tibet percaya bahwa campuran yang tepat untuk teh sebenarnya adalah mentega asin. Teh dari Tibet adalah 'Po cha' yang dibuat dengan merebus teh hitam Pemagul, menambahkan susu, garam, dan mentega dan mengocoknya bersama-sama. Teh ini disukai oleh orang-orang yang tinggal di dataran tinggi.

Baca Juga: Mau Wajah Kamu Mulus? Hentikan 6 Kebiasaan Ini Mulai Sekarang

(Foto: Shutterstock)

4. Rusia

Di Rusia, ada zavarka yakni teh yang diseduh dalam wadah logam kecil yang disebut samovar. Teh hitam diseduh dan kemudian disajikan dalam cangkir besar. Saat tamu mulai menghirup teh, air hangat ditambahkan sesuai selera masing-masing.

5. Thailand

Thai tea atau 'Cha Yen' adalah perpaduan teh Assam dengan gula, susu kental, dan rempah-rempah dengan es dalam gelas tinggi. Disajikan dengan susu untuk menciptakan minuman manis dan asin. Minuman ini tinggi kalori tetapi merupakan minuman yang sempurna untuk musim panas.

6. Taiwan

'Taiwan bubble tea' adalah minuman berkalori tinggi dengan campuran es teh dengan susu bubuk dan sirup manis. Minuman teh dari negara ini diberi tambahan bubble untuk menambah ramai rasanya.

7. Pakistan

Campuran pistasio, almond, garam, susu, dan rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, dan adas bintang, adalah bagian dari budaya Kashmir. Jika merah muda adalah warna favorit Anda, tidak mungkin Anda tidak akan menyukai tampilan teh ini. Untuk menciptakan warnanya ditambahkan sedikit baking soda dan disajikan dengan sheermaal, kandir tchot, bakarkhani dan kulcha.


8. Iran

Orang Iran sangat menyukai teh, oleh sebab itu mereka akan menyimpan air teh di atas kompor sepanjang hari. Teh ini rasanya pahit, sehingga alih-alih menambahkan gula ke dalam air teh, orang justru menempatkan gula kubus di antara gigi depan mereka dan lalu meminum tehnya.

(Foto: Shutterstock)

9. Prancis

Di Prancis sangat umum untuk menemukan ‘Rumah Teh'. Ini adalah tempat yang tenang dan damai bagi orang-orang untuk menikmati teh mereka. Hanya teh dengan kualitas tertinggi yang disajikan, dan ini jauh lebih serius daripada Ruang Teh Inggris yang khas.

10. Malaysia

Minuman teh khas Malaysia adalah teh tarik. Teh ini mengandung teh hitam, gula, dan susu kental, tetapi yang membuat teh ini menonjol dari yang lain adalah cara membuatnya yang dicampur dengan keterampilan.

Pembuatan teh tarik adalah dengan cara menarik dari satu gelas ke gelas lain untuk mendinginkan minuman. Hampir terlihat seperti sebuah tarian ketika minuman tersebut sedang dibuat, di mana tidak meneteskan air sedikit pun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini